Kemenhub Pindahkan Taruna Tingkat I STIP Marunda ke STIP Mauk

Kompas.com - 13/01/2017, 23:07 WIB
Achmad Fauzi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Rabu (11/1/2017), mengunjungi kediaman Taruna Tingkat I Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Marunda almarhum Amirullah Putra, di Warakas, Tanjung Priok, Jakarta. 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana memindahkan taruna tingkat I Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Marunda ke STIP Mauk Tangerang.

Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya penganiayaan yang dilakukan taruna tingkat atas. "Jadi STIP Marunda sekarang tidak ada taruna tingkat I," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kantor Kemenhub Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Budi Karya menuturkan, STIP harus menghilangkan kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat kompetisi untuk menghindari adanya persaingan antara taruna tingkat bawah dengan tingkat atas.

"Harusnya, memperbanyak kegiatan kesenian, dan mungkin bisa memberikan suatu pola pikir yang lain, seperti naik gunung," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenhub (BPSDM) Wahyu Satrio Utomo akan mengadakan tes psikologi kejiwaan kepada taruna tingkat II di STIP Marunda.

Selain itu pihaknya juga mengadakan tes kepada pengasuh taruna di STIP untuk mengetahui kelaikan sebagai pengasuh.

"Ini dilakukan untuk mengetahui mana yang tidak memiliki kondisi emosional yang stabil," tandasnya.


EditorM Fajar Marta

Close Ads X