Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Dilantik, Jokowi Ingatkan Antisipasi Perubahan Ekonomi Global

Kompas.com - 15/01/2017, 11:56 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya dan masyarakat untuk waspada dan mengantisipasi situasi ekonomi global yang masih mungkin terus berubah.

Tak menutup kemungkinan, akan ada kebijakan baru di bidang ekonomi yang diberlakukan Amerika Serikat setelah Presiden terpilih AS Donald Trump dilantik nanti.

Hal itu akan berdampak pada situasi ekonomi global.

"Perlambatan ekonomi global juga belum selesai, penurunan pertumbuhan ekonomi dunia juga terjadi," kata Jokowi saat membawakan pidato di peringatan HUT PKPI di Hotel The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Minggu (15/1/2017).

"Situasi ekonomi dunia belum pulih, sudah ada perubahan baru lagi seperti kebijakan Amerika Serikat yang mungkin saja berubah setelah nanti presiden Donald Trump yang terpilih kemarin dilantik," sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengingatkan tantangan di dalam negeri.

Beberapa di antaranya terkait kemiskinan, kesenjangan ekonomi antar wilayah dan kaya-miskin, serta angka penganggutan yang masih tinggi.

"Meski gini rasio kita sudah turun sedikit, tapi tetap masih pada posisi kuning menuju ke merah," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Kompas TV Trump Batalkan Investasi Ford di Meksiko

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com