PMA Jepang di 2017 Bakal Didominasi ke Sektor Kelistrikan

Kompas.com - 16/01/2017, 06:06 WIB
Ilustrasi pembangkit listrik KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah SIlustrasi pembangkit listrik
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tahun ini memperkirakan tahun investasi Jepang akan didominasi di sektor otomotif dan listrik. Peningkatan pesat diperkirakan berasal dari sektor kelistrikan.

"Kalau sampai kuartal III 2016, investasi Jepang mencapai 4,5 miliar dollar AS, angkatnya tiga kali lipat dari China. China di peringkat ketiga, sedangkan Jepang di peringkat peringkat kedua," ujar Kepala BKPM Thomas Lembong usai konferensi pers Japan-Indonesia Business Dialogue di Hotel Fairmont, Minggu (15/1/2017).

Berdasarkan data BKPM, Jepang merupakan negara dengan realisasi investasi terbesar kedua di Indonesia setelah Singapura. Hingga kuartal III-2016 lalu, investasi Jepang mencapai 4,498 juta dollar AS atau berkontribusi 21 persen dari total penanaman modal asing (PMA) 114 negara di Indonesia sebesar 21,461 juta dollar AS. Adapun nilai investasi China hanya menyumbang 1,59 juta dollar AS atau sekitar 7 persen dari total PMA.

Nilai investasi Jepang di sektor otomotif mencapai 9,05 juta dollar AS atau meningkat 45 persen dibanding 2015. Kemudian disusul dengan investasi di sektor logam, mesin, dan elektronik dengan nilai investasi sebesar 2,9 juta dollar AS serta sektor kimia dan farmasi dengan nilai investasi 1,58 juta dollar AS.

Investasi Jepang di sektor listrik, gas, dan air menyumbang 779 juta dollar AS dari total investasi Negara Sakura tersebut di Indonesia. Ini menjadikan sektor kelistrikan menduduki tempat kelima sektor dengan nilai investasi terbesar di Indonesia.

Akan tetapi, Thomas Lembong tahun ini memperkirakan urutan kontributor investasi tersebut akan berubah.

"Tahun ini investasi Jepang akan lebih tinggi. Namun, lebih besar di sektor listrik. Saat ini investasi Jepang sangat besar di bidang listrik, dari Mitsubishi sampai Marubeni," kata Thomas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Info saja, perwakilan Mitsubishi yang ikut dalam kunjungan kali ini ialah Chairman of the Board Mitsubishi Corporation Ken Kobayashi, Presiden dan CEO Mitsubishi Heavy Industries, Ltd. Shunichi Miyanaga, dan Chairman of the Board Mitsubishi Hitachi Power Systems, Ltd. (MHPS) Koji Tanaka.

Perwakilan Marubeni Corporatin yang hadir ialah Presiden dan CEO Marubeni Corporation Fumiya Kokubu.

Potensi peningkatan investasi di sektor kelistrikan terlihat dari agenda pembahasan delegasi Jepang. Tim Ahli Wakil Presiden Jusuf Kalla, Sofjan Wanandi mengatakan pembahasan dalam antara delegasi bisnis yang dibawa Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ialah soal pembangunan infrastruktur kelistrikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber KONTAN
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X