Akhirnya, Proyek Kilang Tuban Gunakan Lahan KLHK di Tanjung Awar-Awar

Kompas.com - 16/01/2017, 15:30 WIB
Ilustrasi: Kantor Pertamina, Jakarta TRIBUNNEWS/DANY PERMANAIlustrasi: Kantor Pertamina, Jakarta
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) akhirnya dapat memanfaatkan lahan milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Tanjung Awar-awar, Kecamatan Jenu, Kabupatan Tuban, Provinsi Jawa Timur untuk proyek New Grass Root Refinery/kilang Tuban.

Dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur telah diberikan kepada Pertamina, ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau mutual of understanding (MoU) antara Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Surabaya, Kamis (12/1/2017).

Dalam MoU tersebut pada intinya, Pemprov Jawa Timur mengekspresikan dukungannya terhadap rencana pemanfaatan lahan milik Kementerian LHK untuk pembangunan kilang bahan bakar minyak dan petrokimia Pertamina-Rosneft di Tuban yang dikenal pula dengan NGRR Tuban.

Informasi saja, semula Pemprov Jawa Timur memiliki aspirasi agar lahan seluas lebih kurang 60 hektare tersebut digunakan untuk pembangunan pelabuhan umum.

Sebagai ganti pemanfaatan lahan Tanjung Awar-Awar, Pertamina akan menyediakan lahan pengganti untuk pelabuhan tersebut. Pertamina juga berkomitmen membuat jalan akses menuju jaringan jalan nasional yang akan dilakukan secara simultan dengan pemanfaatan lahan KLHK.

Selain kesepakatan pemanfaatan lahan, Pemprov Jawa Timur juga akan memberikan kemudahan bagi rencana mega proyek tersebut melalui pemberian izin-izin yang dibutuhkan, seperti izin pemanfaatan ruang, dan perizinan lainnya sesuai dengan ketentuan.

“Kami tentu sangat bersyukur dengan tercapainya kesepahaman antara Pertamina dan Pemprov Jawa Timur ini. MoU ini memecahkan dua persoalan besar sekaligus secara simultan, yaitu mengenai pemanfatan lahan KLHK dan perizinan yang kedua-duanya sangat penting dan prioritas untuk melancarkan pelaksanaan proyek NGRR Tuban,” terang Dwi melalui keterangan tertulis, Senin (16/1/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X