Investor Kembali Khawatir dengan Trump, Wall Street Ditutup Melemah

Kompas.com - 18/01/2017, 06:50 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

NEW YORK, KOMPAS.com - Para investor di bursa AS ragu dengan berbagai kebijakan Donald Trump. Hal itu terjadi hanya beberapa hari sebelum pelantikannya menjadi presiden AS.

Kondisi tersebut menyebabkan saham-saham di Wall Street melemah dalam tiga hari berturut-turut.

Kekhawatiran para investor juga membayangi saham-saham sektor perbankan, di mana sebelumnya bergerak menguat berhari-hari pasca-terpilihnya Trump, sehingga disebut sebagai "Trump rally".

Indeks Dow Jones average ditutup melemah 59 poin atau 0,3 persen ke level 19.827, atau hanya terpaut 175 poin dari level psikologis 20,000.

Adapun indeks Standard & Poor’s 500 melemah hampir 7 poin atau 0,3 persen menjadi 2.267,89, sedangkan indeks Nasdaq ditutup turun 0,6 persen ke level 5.538,73.

Saham Morgan Stanley (MS) ditutup melemah 4 persen, sedangkan Goldman Sachs (GS) turun 3,3 persen, dan Citigroup (C) ditutup memerah 2,1 persen.

Pasar bereaksi terhadap komentar Trump di Wall Street Journal, yang menyatakan bahwa dollar AS terlalu kuat dan bisa merugikan perusahaan-perusahaan di negara itu yang beroperasi secara global.

Trump juga mempertanyakan alternatif reformasi pajak yang tengah didiskusikan oleh Republikan di parlemen. Sejumlah komentar telah memunculkan ketidakpastian bagi pasar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber USA Today


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.