Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Arab Saudi Diprediksi Sulit Tumbuh Tahun Ini

Kompas.com - 19/01/2017, 09:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

DUBAI, KOMPAS.com - Dana Moneter Internasional (IMF) memprediksi ekonomi Arab Saudi akan sulit untuk tumbuh pada tahun 2017.

IMF memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Arab Saudi 0,4 persen tahun ini, turun cukup drastis dibandingkan proyeksi pada Oktober 2016 lalu yang mencapai 2 persen.

Mengutip CNN Money, Rabu (18/1/2017), penurunan proyeksi tersebut disebabkan keputusan pemangkasan produksi oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC).

Pada Desember 2016 lalu, Arab Saudi dan anggota OPEC lainnya sepakat memangkas produksi minyak untuk mengerek harga.

Asisten Direktur Departemen Timur Tengah dan Asia Tengah IMF Timothy Callen menjelaskan, hasil perekonomian Arab Saudi dari minyak dapat menurun tahun ini.

"Kami masih mengekspektasi adanya peningkatan, tapi tidak sekuat yang kami perkirakan sebelumnya," ungkap Callen.

Penurunan harga minyak secara tajam memaksa Arab Saudi memikirkan kembali strategi ekonominya. Tahun lalu, negara itu mengumumkan Visi 2030 yang berisi rencana menggeser ekonomi dari minyak.

Pada 2015, defisit anggaran Arab Saudi mencapai 366 miliar riyal atau 98 miliar dollar AS dan pada 2016 mencapai 297 miliar riyal pada tahun 2016.

Untuk menambal anggaran yang bolong, Arab Saudi pun terpaksa berutang untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, di mana negara itu berhasil memperoleh dana 17,5 miliar dollar AS.

Arab Saudi pun sudah memangkas subsidi energi, memotong gaji pegawai pemerintah, dah memperingatkan adanya penghematan selama empat tahun.

Callen pun menuturkan, penciptaan lapangan kerja menjadi tantangan bagi Arab Saudi dan tingkat pengangguran sudah mencapai 12 persen.

(Baca: Butuh Duit, Arab Saudi Akan Terbitkan Obligasi Rp 202 Triliun)

Kompas TV Harga Minyak Dunia Bergejolak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com