Mantan Dirut Garuda Diduga Terima Suap, Ini Klarifikasi Manajemen

Kompas.com - 19/01/2017, 15:33 WIB
Emirsyah Satar, mantan CEO Garuda Indonesia, saat menjadi pembicara acara Emirsyah Satar, mantan CEO Garuda Indonesia, saat menjadi pembicara acara
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Emirsyah Satar ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap pembelian pesawat Airbus A330 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Penentapan tersangka tersebut berdasarkan penelusuran KPK yang bekerja sama dengan lembaga antikorupsi Singapura (Corrupt Practices Investigation Bureau) dan Inggris (Serious Fraud Office) yang mendapati adanya suap dengan nilai jutaan dollar Amerika Serikat (AS).

Terkait hal tersebut, manajemen perusahaan pelat merah jasa penerbangan ini pun langsung memberikan responsnya berupa keterangan tertulis yang dipublikasikan perseroan, Kamis (19/1/2017).

Berikut ini kutipan keterangan tertulis manajemen Garuda Indonesia terkait penetapan mantan orang nomor satunya seperti ditulis oleh Vice President Corporate Communication Garuda Indonesia, Benny S Butarbutar.

"Cengkareng, 19 Januari 2017

Sehubungan dengan hasil investigasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang melakukan penggeledahan di beberapa tempat dan terkait dengan BUMN transportasi, dengan ini manajemen maskapai nasional Garuda Indonesia menyampaikan bahwa dugaan hal tersebut tidak ada kaitannya dengan kegiatan korporasi, namun lebih kepada tindakan perseorangan.

Sebagai perusahaan publik, Garuda Indonesia sudah memiliki mekanisme dalam seluruh aktivitas bisnisnya. Mulai dari penerapan sistem GCG yang diterapkan secara ketat hingga transparansi dalam informasinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Manajemen Garuda Indonesia juga menyatakan menyerahkan sepenuhnya kepada KPK dalam penuntasan kasus tersebut, serta akan bersikap kooperatif dengan pihak penyidik."



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.