Hal Paling Penting dari Pidato Trump Menurut Sri Mulyani

Kompas.com - 23/01/2017, 21:06 WIB
Barron Trump, berdiri di sebelah Melania Trump, menyaksikan ayahnya membacakan sumpah jabatan sebagai presiden ke-45 AS. Raut wajah Barron yang seolah tak menyukai momen itu menjadi bahan bully di dunia maya. Timothy A. CLARY / AFP Barron Trump, berdiri di sebelah Melania Trump, menyaksikan ayahnya membacakan sumpah jabatan sebagai presiden ke-45 AS. Raut wajah Barron yang seolah tak menyukai momen itu menjadi bahan bully di dunia maya.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Sri Mulyani menilai, pidato Donald Trump pasca-pelantikan sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) memiliki satu penekanan penting yang layak untuk diperhatikan.

"Pidatonya Presiden Trump menekankan bahwa kepentingan yang didahulukan Amerika Serikat adalah kepentingan Amerika Serikat sendiri," ujar perempuan yang kerap disapa Ani itu di Jakarta, Senin (23/1/2017).

Menurut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu, penekanan yang disampaikan Trump dalam pidatonya perlu untuk diperhatikan.

Sebab, ada gambaran dari arah kebijakan ekonomi AS selanjutnya. "Dalam statement itu menggambarkan seolah-olah kepentingan AS itu tidak selalu sama dengan kepentingan global," kata Ani.

Ia meyakini hal itu akan tecermin pada arah pemerintahan Trump, semisal kebijakan perdagangan dan investasi luar negeri.

Oleh karena itu, menurut Ani, penting untuk terus melakukan observasi terhadap kemungkinan langkah kebijakan AS di bawah komando Donald Trump.

Pemerintah juga akan menyiapkan langkah antisipasi bila kebijakan Trump memiliki dampak yang serius bagi negara berkembang seperti Indonesia, sembari memperhatikan respons pasar atas kebijakan tersebut.

"Jadi kami juga harus melihat dari dua sisi, yakni arah kebijakan AS dan juga reaksi market, karena keduanya memberikan pengaruh kepada Indonesia," kata Ani.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X