Sri Mulyani Minta Investigasi Internal Kemenkeu seperti KPK

Kompas.com - 23/01/2017, 22:13 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (23/1/2017) Yoga SukmanaMenteri Keuangan Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (23/1/2017)
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan melantik dua pejabat eselon 1 Kementerian Keuangan (Kemenkeu), yaitu Sumiyati sebagai Inspektur Jenderal serta Astera Primanto Bhakti sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan.

Dalam sambutannya, perempuan yang kerap disapa Ani itu meminta agar kerja inspektorat bidang investigasi Kemenkeu ditingkatkan layaknya investigasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Mestinya lebih baik, lebih cepat, dan lebih akurat," ujar Ani di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Senin (23/1/2017). Kecepatan investigasi internal dinilai penting karena dengan begitu institusi bisa menemukan lebih cepat indikasi penyimpangan kewenangan, termasuk korupsi dan pungli, yang dilakukan oknum pegawai di jajaran Kemenkeu.

Seperti diketahui, belum lama ini KPK menangkap oknum pejabat di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kemenkeu lantaran menerima suap dari wajib pajak. Kejadian itu mencoreng institusi Ditjen Pajak yang tengah mereformasi diri.

Saat itu, Ani sangat jengkel dengan perilaku oknum pejabat pajak tersebut. Ia bahkan menyebut kejadian itu sebagai kasus pengkhianatan terhadap institusi dan jajaran pegawai Kemenkeu yang jujur.

Pasca-kejadian itu, Kemenkeu berjanji akan terus memperbaiki sistem terkait sumber daya manusia. Ada berbagai hal yang akan diupayakan Kemenkeu, di antaranya yakni membuat standar baru terkait kapabilitas dan integritas pegawai.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X