Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Teken Surat Perintah AS Keluar dari TPP

Kompas.com - 24/01/2017, 08:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON, KOMPAS.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menandatangani surat perintah yang berisi keluarnya AS secara formal dari keanggotaan perjanjian perdagangan Kemitraan Trans Pasifik (Trans Pacific Partnership/TPP).

Ini merupakan realisasi atas janji kampanye yang diserukan Trump tahun lalu. Mengutip Reuters, Selasa (24/1/2017), penandatanganan tersebut dilakukan di ruang kerja Oval di Gedung Putih.

Menurut Trump, keputusan yang diambilnya terkait TPP tersebut merupakan sebuah hal yang baik bagi para pekerja di AS. TPP merupakan kemitraan perdagangan yang beranggotakan 12 negara.

Kemitraan ini diinisasi oleh presiden Barack Obama guna memperkuat kebijakan AS di kawasan Asia Pasifik. TPP bertujuan untuk memotong batasan perdagangan di beberapa negara Asia yang memiliki pertumbuhan ekonomi terpesat.

Namun, TPP tidak melibatkan China dan dipandang tidak akan ada artinya tanpa AS.

Pakta perdagangan bebas tersebut digodok selama lima tahun dan membutuhkan ratifikasi dari setidaknya enam negara yang menyumbang total 85 persen produk domestik bruto (PDB) dari semua anggota.

Dengan besarnya ukuran ekonomi AS, maka TPP tidak bisa dilanjutkan tanpa keikutsertaan negara itu.

Trump berjanji untuk menarik AS dari keanggotaan TPP segera setelah dirinya dilantik sebagai presiden AS. Sebagai gantinya, Trump akan menjalin perjanjian perdagangan yang dinegosiasikan secara bilateral.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe beberapa waktu lalu pun sempat menyatakan bahwa TPP tidak ada artinya tanpa AS. Namun, pada akhirnya parlemen Jepang meratifikasi TPP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com