Kompas.com - 25/01/2017, 20:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan segera melebarkan sayap bisnisnya ke wilayah Asia Tenggara. Perseroan berencana membuka operasional di Filipina dan Vietnam.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas menjelaskan, perseroan tidak berencana memperluas operasionalnya di Singapura maupun Malaysia.

Pasalnya, di kedua negara tersebut jumlah penduduknya tak terlalu besar, jumlah bank terbatas, namun persaingannya amat tinggi dan marjin yang diperoleh pun tipis.

Adapun sebenarnya Bank Mandiri menyasar Thailand, Filipina, dan Vietnam. Akan tetapi, yang akan diprioritaskan adalah pembukaan operasional di Vietnam dan Filipina, yakni melalui anak usaha PT Mandiri Tunas Finance dan PT Mandiri Utama Finance.

“Untuk Filipina dan Vietnam dua-duanya kami mengandalkan ke kredit konsumsi. Filipina dan Vietnam itu (kondisi pasar) agak mirip dengan kita, know how-nya mirip, tapi kami kurang tahu market-nya,” jelas Rohan di kantornya di Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Dengan demikian, imbuh dia, Bank Mandiri akan masuk ke dua negara tersebut dengan menempuh jalur anorganik.

Caranya adalah dengan mencari mitra strategis, tanpa menutup kemungkinan melirik bank lokal untuk diakuisisi.

Rohan menuturkan, proses ini sebenarnya sudah dimulai sejak akhir tahun 2016. Akan tetapi, mencari mitra strategis bukan hal yang mudah untuk dilakukan, sehingga diharapkan proses tersebut akan terus berlanjut pada tahun 2017.

Menurut Rohan, negara yang akan lebih dahulu dimasuki oleh Bank Mandiri adalah Filipina. Adapun untuk bisnis di Vietnam, perseroan masih akan melakukan kajian lanjutan.

“Pemerintahan di sana berbeda. Mereka di sana controllable government. Regulasinya tidak terlalu beda, tetapi di sana pemerintahannya kan sosialis,” tutur Rohan.

Kompas TV Tantangan Bank Mandiri dengan Dirut Baru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.