Kemenhub Berikan Beasiswa Vokasi Kepelautan kepada 50.000 Siswa

Kompas.com - 25/01/2017, 21:50 WIB
Diskusi Teras Kita di Jakarta, Rabu (25/12/2017).  Achmad FauziDiskusi Teras Kita di Jakarta, Rabu (25/12/2017). 
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memberikan beasiswa pendidikan vokasi kepelautan kepada 50.000 siswa di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menambah tenaga pelaut di Indonesia. Pasalnya, tenaga pelaut Indonesia masih kalah jauh dibandingkan dengan pelaut Filipina.

"Jumlah pelaut Filipina 10 kali lebih banyak dari Indonesia. Vokasi ini juga didasarkan pada gagasan Presiden. Beliau mengatakan banyak sekali masyarakat golongan menengah bawah dengan pendidikan SMP, itu 30 persen dari angkatan kerja. Oleh karenanya setiap departemen ditugaskan untuk menyekolahkan mereka dengan sekolah vokasi," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam diskusi Teras Kita di Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Budi Karya menuturkan, Nantinya siswa tersebut diajarkan pemamahan bagaimana menjadi seorang pelaut. Pihaknya juga telah menugaskan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) untuk melaksanakan sekolah vokasi. Sekolah vokasi, kata Budi, akan berlangsung selama dua minggu.

Dirinya pun mengungkapkan, anggaran yang dikeluarkan untuk melaksanakan sekolah vokasi sebesar Rp 300 miliar, dengan rincian Rp 5 - 6 juta per siswa. 

"Pada 9 Febuari 2017 mendatang, bersama Hari Pers Nasional, kita berikan kesempatan 1.000 siswa untuk mendapatkan pendidikan vokasi, bekerja sama dengan Bupati dan BPSDM yang ada di Ambon," ucapnya.

Dua minggu lalu, Kemenhub dua juga telah melaksanakan sekolah vokasi kepada siswa di Semarang. Pelaksanaan sekolah vokasi ini bekerja sama dengan Universitas Diponegoro dan Universitas Gajah Mada.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X