Pertumbuhan Ekonomi Maluku pada 2016 di Atas Pertumbuhan Nasional

Kompas.com - 26/01/2017, 15:00 WIB
Kepala OJK Maluku Bambang Hermanto Kontributor Ambon, Rahmat Rahman PattyKepala OJK Maluku Bambang Hermanto
|
EditorAprillia Ika

AMBON, KOMPAS.com — Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Maluku, Bambang Hermanto, mengatakan, perekonomian Provinsi Maluku di sepanjang tahun 2016 tumbuh lebih tinggi jika dibandingkan dengan laju pertumbuhan ekonomi nasional.

Meski demikian, pada level provinsi, pertumbuhan ekonomi Maluku sempat melambat pada akhir tahun 2016. 

"Namun, pertumbuhan tersebut masih tercatat lebih tinggi dari pertumbuhan nasional,” kata Bambang saat menyampaikan laporan dalam pertemuan tahunan pelaku industri jasa keuangan tahun 2017 di Baileo Siwalima, Ambon, Rabu (25/1/2017).

Pertemuan tahunan pelaku industri jasa keuangan itu juga dihadiri Gubernur Maluku Said Assagaff, pimpinan SKPD, dan sejumlah pejabat berwenang lainnya.

Dalam laporannya itu, Bambang menyampaikan bahwa tahun 2016 bukanlah tahun yang mudah. Terlebih lagi, dalam beberapa waktu terakhir, dinamika perekonomian global dan nasional terlihat berlangsung begitu cepat.

Namun, di tengah seluruh dinamika tersebut, capaian kinerja ekonomi nasional masih tercatat positif. Menurut dia, secara kuantitatif, indikator keuangan perbankan dan industri keuangan non-bank di Provinsi Maluku tercatat tumbuh positif.

Hal tersebut ditujukan dengan nilai pencapaian aset dan penyaluran dana ke masyarakat dalam bentuk kredit.

Di Provinsi Maluku, aset industri perbankan (bank umum dan BPR) tercatat tumbuh positif. Pertumbuhan total aset posisi Desember 2016 year on year sebesar Rp 1,09 triliun atau 6,49 persen, dari posisi Desember 2015.

Dia menjelaskan, kondisi tersebut sejalan dengan pertumbuhan penyaluran dana ke masyarakat dalam bentuk kredit yang meningkat sebesar Rp 1,01 triliun atau 11,65 persen dari posisi Desember 2015.

"Dapat kami sampaikan bahwa pertumbuhan penyaluran dana dalam bentuk kredit di Provinsi Maluku sebesar 11,65 persen atau lebih tinggi dari pertumbuhan kredit rata-rata nasional yang pada posisi November 2016 tercatat tumbuh sebesar 8,76 persen (yoy)," kata dia. 

Hal tersebut merupakan suatu catatan positif terhadap kinerja penyaluran kredit di Provinsi Maluku.

Kompas TV OJK Optimis Pertumbuhan Ekonomi Makin Baik
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.