Sri Mulyani: Indonesia Bukan Hanya Jakarta dan Jawa

Kompas.com - 26/01/2017, 16:16 WIB
Menkeu Sri Mulyani saat acara CIMB Niaga Economic Forum 2017 di The Ritz Carlton Hotel Pacific Place, Jakarta, Kamis (26/1/2017). Pramdia Arhando JuliantoMenkeu Sri Mulyani saat acara CIMB Niaga Economic Forum 2017 di The Ritz Carlton Hotel Pacific Place, Jakarta, Kamis (26/1/2017).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pembangunan Indonesia ke depan baik dari sisi ekonomi maupun infrastruktur harus merata dan tidak lagi berpusat di pulau Jawa.

Menurutnya, pemerintahan Presiden Joko Widodo melalui Nawacita-nya akan membangun Indonesia dari pinggiran atau perbatasan. "Pembangunan sangat nyata dalam dua tahun ini di perbatasan Indonesia," ujar Sri Mulyani saat acara CIMB Niaga Economic Forum 2017 di The Ritz Carlton Hotel Pacific Place, Jakarta, Kamis (26/1/2017).

"Indonesia it's not only Jakarta atau Jawa. Meski dari sisi PDB atau kontribusi pajak, Jawa mendominasi yaitu 80 persen. Maka kalau bicara Indonesia, kita tidak bisa terus menerus membuat pola pembangunan yang sangat Jawa," paparnya.

Dia mengatakan, pemerintah akan terus melakukan evaluasi terhadap kebijakan fiskal agar pembangunan infrastruktur bisa lebih merata. Sebab, bila sebaran ekonomi tak merata, beberapa wilayah mudah goyah sisi ekonominya. Seperti yang dialami pulau Sumatera, Kalimantan, dan Papua yang mengandalkan komoditas seperti pertanian dan pertambangan.

"Tidak heran pukulan telak tiga tahun terakhir dirasakan tiga pulau tersebut. Ini PR kita, tidak sekadar transfer tapi bagaimana pulau tersebut bisa mengembangkan ekonomi yang lebih terdiversikasi," jelasnya.

Selain itu, menurutnya, saat ini masih ada 10 persen masyarakat Indonesia hidup di bawah garis kemiskinan dan belum menikmati pertumbuhan ekonomi. Dengan itu diperlukan pemerataan ekonomi yang masif dan juga kemampuan sumber daya manusia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X