Ada Opsi Jalur Kereta Semi-cepat Jakarta-Surabaya Dibangun Melayang

Kompas.com - 26/01/2017, 16:59 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Hotel Borobudur Jakarta, Kamis (26/1/2017) Achmad FauziMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Hotel Borobudur Jakarta, Kamis (26/1/2017)
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebutkan adanya opsi bahwa jalur kereta semi-cepat Jakarta-Surabaya akan dibangun melayang atau elevated.

Hal ini dilakukan untuk menghindari pelintasan sebidang yang terdapat dalam jalur kereta api Jakarta-Surabaya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerangkan, saat ini terdapat 988 pelintasan sebidang di jalur kereta Jakarta-Surabaya. Jika jalur kereta elevated, tidak ada lagi permasalahan pelintasan sebidang. 

"Ini (pelintasan sebidang) tidak bisa hanya diselesaikan sektoral oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Ada dua pilihan, satu dengan menghentikan 988 pelintasan sebidang, satu lagi kita bangun elevated," ujar Budi Karya saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (26/1/2017).

Opsi tersebut merupakan masukan dari pakar-pakar transportasi yang dilibatkan dalam proyek tersebut.

Sejauh ini belum dipastikan apakah pelintasan dibangun elevated atau memakai jalur lama. Akan tetapi, kata dia, tidak menutup kemungkinan, opsi tersebut bisa dijalankan.

"Ini opsi out of the box ya dari banyak masukan. Kalau elevated itu kan selesai semua, tetapi biayanya mahal sehingga kami memberikan kesempatan ke Jepang sampaikan opsi itu. Syukur-syukur bisa dilakukan, dan elevated lebih bagus itu," tandasnya.

Sebagai informasi, pemerintah telah merencanakan proyek kereta semi-cepat Jakarta-Surabaya berkecepatan hingga 160 km per jam.

Dengan kecepatan tersebut, perjalanan Jakarta ke Surabaya dapat ditempuh hanya dalam 5 jam. Proyek jalur kereta api Jakarta-Surabaya diperkirakan akan menelan dana Rp 80 triliun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X