Lima Tantangan Ekonomi Trump, Apa Saja?

Kompas.com - 26/01/2017, 21:41 WIB
Presiden AS Donald Trump. Nicholas Kamm / AFP Presiden AS Donald Trump.
|
EditorM Fajar Marta

NEW YORK, KOMPAS.com – Pekan lalu, Donald Trump diambil sumpahnya sebagai presiden AS ke-45. Sejak masa kampanye, Trump telah menyerukan berbagai kebijakan ekonomi, termasuk di antaranya proteksionisme, pemangkasan pajak, deregulasi, hingga penyerapan 25 juta tenaga kerja selama lima tahun ke depan.

Namun demikian, ada beberapa tantangan ekonomi dari dalam negeri AS sendiri yang harus dihadapi oleh Trump. Mengutip CNN Money, Kamis (26/1/2017), berikut ulasan tantangan-tantangan tersebut.

1. Populasi AS kian menua

Meski memiliki banyak penduduk, ternyata penduduk AS makin menua. Inilah yang dipandang menjadi tantangan bagi Trump

2. Kehadiran robot

Trump dalam kampanye mengungkapkan banyaknya pekerjaan yang “kabur” dari AS. Namun faktanya, banyak pekerjaan sudah diambil alih oleh teknologi. Faktanya memang hasil produksi manufaktur AS meningkat, namun AS tak lagi membutuhkan banyak pekerja pabrik untuk memproduksi semua barang.

Para ekonom berpandangan bahwa apa yang terjadi di sektor manufaktur, yakni pekerjaan manusia digantikan robot, akan menjalar ke sektor-sektor lainnya. Bahkan, sektor jasa pun tak menutup kemungkinan bakal digantikan oleh robot.

3. Utang menggunung.

Saat ini, utang AS sudah sangat tinggi, yakni 19 triliun dollar AS. Negara adidaya tersebut sudah menggunakan banyak uang untuk membiayai perang di Timur Tengah dan Trump dipandang bakal kesulitan mengimplementasikan pemangkasan pajak secara masif dan melakukan belanja besar-besaran.

4. Pertumbuhan ekonomi AS dan global melambat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X