Kebijakan Trump Tak Sejalan dengan Prinsip G-20?

Kompas.com - 27/01/2017, 20:14 WIB
Bendera anggota G20 ReutersBendera anggota G20
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Sikap Pemerintahan Amerika Serikat (AS) di bawah komando Presiden barunya Donald Trump terhadap Forum G20, belum bisa dipastikan.

Selama ini negara-negara G20 memiliki prinsip keterbukaan ekonomi. Sementara Trump, mengusung kebijakan AS yang proteksionisme.

"Menghindari adanya proteksionisme, itu juga salah satu prioritas negara G20 memelihara ekonomi yang terbuka," ujar Deputi Koordinasi Bidang Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian, Rizal saat acara media briefing di Jakarta, Jumat (27/1/2017).

Menurut ia, prinsip keterbukaan ekonomi dan anti proteksionisme merupakan komitmen bersama 20 negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu.

Negara-negara G20 kata Rizal, meyakini bahwa keterbukaan perdagangan akan menjadi sumber pertumbuhan dan mampu mendorong laju ekonomi bersama investasi dan pembangunan infrakstruktur.

Meski begitu, Rizal masih memiliki keyakinan bahwa AS di bawah komando Donald Trump tidak akan menerapkan kebijakan proteksionisme secara berlebihan dengan menutup seluruh pintu impornya.

"Masih ada cukup waktu untuk melihat kebijakan Trump ke depan. Kami masih akan lihat posisi AS di bawah Trump," ucap Rizal.

Negara G20 akan menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pada Juli 2016 di Jerman. Hingga pertemuan itu digelar, negara-negara G20 diyakini masih akan menerka sikap AS.

Sebelumnya, Donald Trump sudah menandatangani surat perintah yang berisi keluarnya AS secara formal dari keanggotaan perjanjian perdagangan Kemitraan Trans Pasifik (Trans Pacific Partnership/TPP). Ini merupakan realisasi atas janji kampanye yang diserukan Trump sejak tahun lalu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X