Satu Lagi Fasiltas Kemudahan Bagi Industri Kecil Menengah...

Kompas.com - 28/01/2017, 18:00 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meluncurkan satu fasilitas untuk membantu Industri Kecil Menengah (IKM) mengembangkan bisnisnya.

Fasilitas bernama Kemudahan Impor Tujuan Ekspor IKM (KITE IKM) itu dikeluarkan oleh pihak Bea Cukai.

Tujuannya, memberikan kemudahan IKM mengimpor bahan baku untuk proses produksi yang akan diekspor kembali.

"KITE IKM ini diharapkan dapat memberikan bantuan kepada para pelaku usaha yang bergerak di industri kecil dan menengah agar dapat meningkatkan ekspor," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam siaran pers, Sabtu (28/1/2017).

Selain itu IKM juga akan diberikan insentif berupa pembebasan bea cukai dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM).

Di Indonesia, potensi IKM sangat besar sebab mampu menyerap tenaga kerja hingga 97 persen. Bahkan, berkontribusi sebesar 57 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Bicara soal ketangguhan dan fleksibilitas, IKM sudah terbukti. Saat industri besar bertumbangan karena krisis ekonomi 1998, IKM justru menjadi sektor usaha yang mampu bertahan.

Oleh karena itu, pemerintah berharap insentif fiskal dan kemudahan prosedur yang diberikan pemerintah mampu membuat IKM lebih bergairah.

"Tujuannya tentu untuk dapat meningkatkan ekspor, kontribusi PDB, penyerapan tenaga kerja, dan menciptakan desa-desa wisata IKM," kata Sri Mulyani.

Kompas TV Baru 10% UKM yang Manfaatkan Teknologi Digital
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.