Pembangunan Tahap I Pelabuhan Kuala Tanjung Capai 60 Persen

Kompas.com - 30/01/2017, 18:06 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I) menyatakan pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung Sumatera Utara terus berjalan. Hingga saat ini, progres pembangunan tahap I pelabuhan tersebut telah mencapai 60 persen.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Pelindo I, Iman Achmad Sulaiman mengatakan, perseroan telah membangun kontruksi dermaga Pelabuhan Kuala Tanjung. Setelah itu, perseroan akan mengoperasikan alat berat seperti crane.

"Kalau tidak ada halangan, April ini fisik dermaga (Pelabuhan Kuala Tanjung) siap," ujar Iman saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Senin (30/1/2017).

Iman menuturkan, proses pengadaan alat diharapkan akan selesai pada awal 2018. Sementara itu, ungkap dia, untuk pembangunan tahap II masih dalam perencanaan.

Pembangunan pelabuhan yang memakan investasi Rp 34 triliun terdiri dari empat tahap. Tahap pertama yakni membangun Terminal Multipurpose yang ditargetkan selesai tahun 2017.

Tahap kedua mengembangkan kawasan industri seluas 3.000 hektar yang ditargetkan selesai tahun 2018.

Tahap tiga mengembangkan Terminal Hub Peti Kemas Internasional yang ditargetkan selesai pada 2019.

Terakhir, tahap empat adalah pengembangan kawasan industri terintegrasi atau kota pelabuhan yang selesai pada 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.