Trump Teken Surat Perintah Pelonggaran Kegiatan Bisnis

Kompas.com - 31/01/2017, 07:02 WIB
Presiden AS Donald Trump menandatangani sejumlah dokumen perintah eksekutifnya di Ruang Oval, Gedung Putih, disaksikan wakil presiden Mike Pence. JIM WATSON / AFPPresiden AS Donald Trump menandatangani sejumlah dokumen perintah eksekutifnya di Ruang Oval, Gedung Putih, disaksikan wakil presiden Mike Pence.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

WASHINGTON, KOMPAS.com – Presiden AS Donald Trump menandatangani surat perintah untuk memangkas regulasi federal. Dalam aturan baru tersebut, lembaga-lembaga pemerintahan wajib memangkas dua regulasi untuk setiap aturan baru yang diperkenalkan.

Mengutip Reuters, Selasa (31/1/2017), surat perintah tersebut diteken Trump di Ruang Oval di Gedung Putih, Washington DC, Senin (30/1/2017) pagi waktu setempat. Saat tanda tangan, Trump didampingi oleh beberapa pimpinan usaha kecil.

“Ini akan menjadi aturan terbesar yang pernah dialami negara kita. Akan ada regulasi, akan ada kendali, namun ini akan menjadi normalisasi kontrol,” ujar Trump.

Seorang pejabat senior Gedung Putih menyatakan bahwa kebijakan baru yang diteken Trump ini akan mempersiapkan proses bagi Gedung Putih untuk mengatur batas tahunan terhadap biaya regulasi baru.

Untuk tahun fiskal 2017, batasan regulasi baru akan berada pada posisi nol dollar AS.

Sebelumnya, pada periode kampanyenya, Trump menyerukan bakal memangkas regulasi-regulasi yang ada di AS saat ini. Pasalnya, menurut dia, banyak regulasi tersebut merugikan bagi dunia usaha di AS.

Beberapa kebijakan yang sudah diteken Trump adalah aturan larangan imigrasi bagi warga dari tujuh negara Muslim.

Selain itu, Trump juga telah menyetujui keluarnya AS dari Kemitraan Trans-Pasifik (TPP). Tidak hanya itu, Trump juga menandatangani perintah pembangunan tembok di perbatasan AS dan Meksiko.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X