Mandiri Sekuritas Prediksi Pertumbuhan Ekonomi di Kisaran 5,1 Persen

Kompas.com - 01/02/2017, 15:19 WIB
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi thikstockphotosIlustrasi pertumbuhan ekonomi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom Mandiri Sekuritas Leo Putra Rinaldy memprediksi pertumbuhan perekonomian Indonesia di 2017 mencapai 5,1 persen. Angka tersebut meningkat tipis jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi di 2016 sebesar 5 persen.

"Pertumbuhan ekonomi di 2017 kita prediksi 5,1 persen. Kenapa kecil? Karena kita lihat konsumsi masyarakat tidak lebih baik dari 2016, hal ini disebabkan oleh tekanan inflasi di awal tahun ini," ujar di Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Menurut Leo, terdapat dua faktor yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi tahun ini tidak tumbuh signifikan. Pertama, masih adanya tekanan inflasi dan kedua terkait kenaikan upah minimun 2017 yang lebih kecil ketimbang 2016.

"Peningkatan upah minim, tumbuh lebih kecil dari 2016. Upah minimun dikurangi inflasi, real minimum jadi melambat ke 4 persen yang sebelumnya 9 persen," terangnya.

Sebelumnya, Presiden Asian Development Bank (ADB) Takehiko Nakau saat bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh 5,1 persen pada 2017 atau naik dari 5,0 persen pada 2016 lalu.

Meski naik tipis, Nakau tetap memuji pemerintah Indonesia atas kebijakan ekonomi yang telah diambil di tengah ketidakpastian keuangan global.

Presiden ADB itu juga menyampaikan keyakinan akan prospek ekonomi Indonesia, dan menegaskan dukungannya bagi upaya pemerintah Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.