CIMB Niaga Dorong Edukasi dan Literasi Keuangan Pelajar

Kompas.com - 01/02/2017, 19:22 WIB
Komisaris Independen CIMB Niaga Jeffrey Kairupan (kiri) berbincang dengan Direktur Eksekutif Yayasan Warisan Nilai Luhur Indonesia Rahma Dewi (kedua dari kiri), Deputi Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK Jalius (kedua dari kanan) dan Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei (paling kanan) usai penyerahan dana yang terkumpul melalui rekening khusus Ayo Menabung dan Berbagi 2016 kepada Yayasan Warisan Nilai Luhur Indonesia di Jakarta, Rabu (1/2/2017). Dok CIMB NiagaKomisaris Independen CIMB Niaga Jeffrey Kairupan (kiri) berbincang dengan Direktur Eksekutif Yayasan Warisan Nilai Luhur Indonesia Rahma Dewi (kedua dari kiri), Deputi Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK Jalius (kedua dari kanan) dan Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei (paling kanan) usai penyerahan dana yang terkumpul melalui rekening khusus Ayo Menabung dan Berbagi 2016 kepada Yayasan Warisan Nilai Luhur Indonesia di Jakarta, Rabu (1/2/2017).
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) intensif mendorong edukasi dan literasi keuangan, sebagai dukungan terhadap program literasi keuangan nasional yang dicanangkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Salah satu kegiatan yang dilakukan CIMB Niaga yakni menumbuhkan budaya menabung dan berbagi pada anak-anak sejak dini melalui program Ayo Menabung dan Berbagi (AMDB).

“Survei OJK menyebutkan penduduk Indonesia yang memanfaatkan produk keuangan belum mencapai 60 persen. Program AMDB kami laksanakan untuk membantu meningkatkan kesadaran dalam memanfaatkan produk keuangan sekaligus berbagi kepada kalangan yang kurang beruntung,” ujarnya Direktur Compliance, Corporate Affairs, and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei saat acara Akuntabilitas Program AMDB 2016 di Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Menurut Fransiska, sepanjang 2016, program AMDB telah memberikan edukasi perbankan sederhana kepada 6.214 siswa di 41 sekolah, terdiri dari 21 SD dan 20 SMP di 12 kota di Indonesia, yaitu Padang, Pekanbaru, Pontianak, Palangkaraya, Kendari, Timika, Kupang, Kediri, Tulungagung, Purwokerto, Tasikmalaya dan Jakarta.

Tidak hanya dengan para siswa, CIMB Niaga juga mengajak keterlibatan aktif para kepala sekolah dan guru untuk menjalankan program tersebut. Pada pelaksanaan AMDB 2016, para siswa SD melakukan berbagai aktivitas, seperti permainan video games edukatif, Run Banking Run, permainan ular tangga literasi keuangan, mini banking role play, sosialisasi manfaat menabung dan tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) dan iB SimPel, aksi penggalangan dana dan aksi penanaman pohon bersama.

Sedangkan aktivitas para siswa SMP terdiri dari CIMB Niaga berbagi ilmu perbankan, kuis literasi keuangan, sosialisasi tabungan SimPel dan iB SimPel, permainan Ayo Duplikasi Gambar, dan Digital Writing Competition.

Selain memberikan edukasi, AMDB 2016 juga mendorong masyarakat untuk memiliki rasa simpati dan empati kepada yang kurang beruntung. CIMB Niaga melakukan aktivitas penggalangan dana yang kemudian dananya dimasukkan ke dalam rekening khusus Ayo Menabung dan Berbagi. Hingga 31 Desember 2016, dana yang terkumpul mencapai Rp 152,16 juta.

Selanjutnya, dana yang terkumpul tersebut disalurkan kepada Yayasan Warisan Nilai Luhur Indonesia (Indonesia Heritage Foundation-IHF), yang mempunyai dedikasi dan komitmen terhadap peningkatan kualitas pendidikan anak Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Fransiska juga meresmikan ulang program AMDB untuk 2017 yang akan dilaksanakan di 10 kota, yaitu Serang, Sukabumi, Tegal, Solo, Malang, Lhokseumawe, Pematang Siantar, Pangkal Pinang, Tarakan, dan Manado.

Sama seperti tahun lalu, dalam AMDB 2017 juga akan dilaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan, yaitu Tour de Bank, Ayo Duplikasi Gambar dan Kuis Literasi Keuangan.

“Semoga aktivitas yang kami berikan ini membawa manfaat kepada masyarakat dan mendorong pertumbuhan sektor keuangan di Indonesia. Kami berharap program ini semakin diminati sehingga dampaknya pun akan semakin meluas, termasuk untuk perkembangan bisnis CIMB Niaga ke depan,” kata Fransiska.  



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X