Jokowi Diharapkan Buka Rakernas APDESI di Medan

Kompas.com - 03/02/2017, 07:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

MEDAN, KOMPAS.com - Rapat Kerja Nasional Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Rakernas APDESI) rencananya digelar pada April di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Kegiatan ini akan dihadiri seluruh perangkat desa se-Indonesia.

Gubernur Sumut HT Erry Nuradi yang menerima perwakilan lembaga ini berpesan agar Rakernas nanti melahirkan program kerja yang mendukung pengembangan desa sesuai Nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dia berharap, Rakernas nanti, APDESI bisa menghadirkan pejabat-pejabat dari pusat termasuk Presiden Joko Widodo.

Dia juga berharap, Rakernas ini bisa bersinergi dengan tiga pilar pemerintahan desa untuk mendukung Nawacita Presiden Joko Widodo yakni membangun Indonesia dari desa atau pinggiran.

"Mudah-mudahan Rakernas nanti dibuka Bapak Presiden,” kata Erry, Kamis (2/2/2017).

Dia juga meminta APDESI membahas program kerja yang mendorong terciptanya BUMdes dan program-program pembangunan desa lainnya.

“Saya minta, ada masukan dan pembelajaran terkait pengelolaan keuangan desa. Kita tahu saat ini desa setidaknya mendapat anggaran hampir Rp 1 miliar. Kita tidak mau perangkat-perangkat desa kita tersangkut persoalan hukum karena salah mengelola anggaran tersebut,” ujarnya.

Dibuka Jokowi

Sekjen APDESI, Ipin Arifin menyampaikan terkait rencana digelarnya Rakernas, waktu pelaksanaanya masih tentatif. Namun acara ini akan dibuka Presiden Joko Widodo.

“Jadwalnya memang masih tentatif karena harus menyesuaikan jadwal. Kami berharap Pak Presiden bisa hadir membuka kegiatan ini. Kami sudah sampaikan ke Mendagri, beliau mengatakan akan menerima kami untuk pembahasan lanjutan usai Pilkada DKI nanti,” kata Arifin.

Diperkirakan Rakernas nanti akan dihadiri 4.000 kepala Desa dari 34 provinsi. Sedangkan keanggotaan APDESI seluruh Indonesia saat ini mencapai 50.000 orang yang terdiri dari perangkat desa dan mantan perangkat desa.

Kompas TV Dana Desa Ditambah Tahun 2017?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.