Sri Mulyani: Jangan Sering Datang ke Saya untuk Tak Bayar Pajak

Kompas.com - 03/02/2017, 15:20 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melontarkan kritik kepada para pengusaha yang enggan membayar pajak. Menurut Sri, pajak adalah instrumen penerimaan negara yang pada akhirnya memberi kemudahan bagi pengusaha.

Menurut Menkeu, layaknya sebuah perusahaan, sebagai direktur keuangan, dirinya mengemban tugas yang lebih sulit dibandingkan direktur keuangan lain di perusahaan.

Soalnya, kemampuan mengumpulkan pajak sebagai penerimaan negara akan berjalan lurus dengan apa bisa disediakan oleh pemerintah.

"Saya ingin sampaikan kepada Apindo bantu saya sebagai CFO republik ini. Jangan sering datang ke saya untuk tidak bayar pajak. Datang ke saya untuk bayar pajak," ujar Sri di Kantor Pusat Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Jumat (3/2/2017).

Penerimaan pajak Indonesia memang meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Akan tetapi, jika dibandingkan negara lain di kawasan, jumlah penerimaan pajak yang ada belum mencukupi untuk menyediakan layanan bagi masyarakat.

"Penerimaan pajak kita meningkat. Tapi kalau kita lihat Malaysia dan Thailand bisa 15 persen dapat pajak dari GDP (produk domestik bruto). Kalau kita hanya 11 persen, kalah, kita tidak bisa bayar guru yang baik," ungkap dia.

Dari 32,7 juta wajib pajak, imbuh Sri, hanya 12,7 juta yang membayar pajak. Sementara itu, secara sektoral, penerimaan pajak dari industri merupakan yang paling ampuh dalam upaya mengurangi ketimpangan.

"Pajak ada tools yang sangat efektif dan powerfull untuk kurangi ketimpangan. Jangan sampai yang duduk di sini ada yang bayar pajak (tapi) ada yang enjoy so much," tutur Sri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.