Tarif Baru Bea Ekspor Konsentrat Belum Keluar, Ini Kata Kemenkeu

Kompas.com - 03/02/2017, 18:44 WIB
Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara di Perkantoran Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (17/8/2016). Yoga SukmanaKepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara di Perkantoran Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (17/8/2016).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA KOMPAS.com - Sejak awal Januari lalu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengatakan akan segera mengeluarkan aturan terkait tarif baru bea keluar ekspor konsentrat. Namun hingga saat ini aturan itu tidak kunjung keluar.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Suahasil Nazara mengatakan, aturan baru itu hampir rampung dan segera ditandatangi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. "Pokoknya segera, enggak mundur lagi kok," ujar Suahasil di Jakarta, Jumat (3/2/2017).

Namun terkait tarifnya, ia masih enggan bicara. Meski begitu Suahasil mengatakan bahwa ada skema tarif yang baru di dalam aturan bea keluar ekspor konsentrat itu.

Selain itu, ia juga memastikan bahwa skema tarif bea keluar akan sesuai dengan semangat hilirisasi di sektor pertambangan. Termasuk tarif maksimalnya mencapai 10 persen.

"Persisnya gimana nanti lah. Pokoknya ada layer dan layer itu dimaksudkan supaya ada insentif supaya menyelesaikan smelter secepat mungkin, karena semakin tinggi progres smelter maka akan semakin turun tarifnya," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.