Soekarno-Hatta Ditarget Masuk 50 Besar Bandara Terbaik Dunia

Kompas.com - 04/02/2017, 10:44 WIB
KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Suasana di Terminal 3 Ultimate Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (12/6/2016). Terminal ini memiliki kapasitas 25 juta penumpang per tahun.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) menargetkan Bandara Soekarno-Hatta dapat masuk 50 besar dalam peta Skytrax World Best Airport pada 2017. Pada 2016, Bandara Soekarno-Hatta mendapatkan peringkat 63 besar dalam peta Skytrax World Best Airport. 

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin mengatakan, pihaknya akan terus berbenah untuk mencapai target tersebut. Salah satunya, peremajaan teknologi informasi terbaru di Bandara Soekarno-Hatta. 

"Kami terus berbenah mengikuti global standart yang dipersyaratkan Skytrax World. Semua kami benahi, di 2016 lalu, Bandara Soekarno-Hatta masuk 18 bandara tersibuk di dunia, versi Airport Council International," ujar Awaluddin dalam keterangan resmi, Jakarta, Sabtu (4/2/2017).

Menurut Awaluddin, beberapa teknologi informasi yang terdapat di Bandara Soekarno-Hatta antara lain, Smart Taxi Queuing System, Smart Parking System, 278 Access Point Free Wifi 50Mbps, 33 Access Point, Wifi Corner, Smart Toilet Feedback, hingga Indonesia Airports Apps.

Semua itu disediakan untuk memanjakan layanan kepada para penumpang.

"Sempat ada yang komplain, jumlah trolinya kurang. Sekarang sudah ada 1.000 troli baru di area transit, serta penambahan 976 kursi tunggu yang lebih nyaman di Terminal 3. Bandara Soekarno-Hatta semakin agresif dalam memberikan layanan kepada publik," ungkapnya.

Namun, kata Awaluddin, target tersebut tidak akan tercapai tanpa adanya dukungan dari masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada masyarakat dapat berpartisipasi dengan memilih dalam ajang Skytrax World Airport Awards 2017.

"Karena itu, dukungan dari seluruh netizen dan masyarakat Indonesia sangat kami butuhkan saat ini, hingga 28 Februari 2017. Pastikan vote untuk CGK –nama bandara Jakarta Int Airport, dengan masuk ke link http://bit.ly/voteCGK," jelasnya.

"Saya ikut bersemangat, karena Menteri Pariwisata Arief Yahya ikut mendukung kami, dan menghimbau kepada insan pariwisata untuk memilih dan mendukung Jakarta International Airport sebagai bandara berkelas dunia," tandasnya.

Saat ini, Bandara Soekarno-Hatta memiliki dua landasan pacu atau runway dengan panjang masing-masing 3.600 meter dan 3.660 meter.

Dalam setahun, Bandara Soekarno-Hatta mengangkut 54,2 juta penumpang, 615.000 ton kargo, 386 pergerakan pesawat, 45 remote stand, diterbangi 61 airlines di 90 destinasi.

Dalam peta Skytrax World Best Airport di 2016, Bandara Changi Singapura menyabet peringkat pertama dan disusul oleh Bandara Incheon Seoul Korea Selatan.

Kemudian nomor tiga Munich Jerman, disusul Haneda Tokyo Jepang, Hongkong Int Airport, Centrair Nagoya Jepang, Zurich Airport Swiss, Heathrow London Inggris, Kansai Int Airport Osaka Jepang, Doha Hamad Int Airport Qatar.

Kompas TV Menhub Tinjau Bandara Soekarno-Hatta



EditorAprillia Ika

Close Ads X