Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin Mulai Dibangun Maret 2017

Kompas.com - 06/02/2017, 14:18 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerjanya ke Banjarmasin, Minggu (5/2/2017). Dok. KemenhubMenteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerjanya ke Banjarmasin, Minggu (5/2/2017).
EditorAprillia Ika

BANJARMASIN, KOMPAS.com -  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan pengembangan bandara Syamsuddin Noor di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, akan dimulai pada Maret 2017 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerjanya ke Banjarmasin, Minggu (5/2/2017).

"Awal Maret dibangun. Selesai awal 2019. Insha Allah tidak molor," jelas Menhub Budi, melalui keterangan rilis, Senin (6/2/2017).

Pada kunjungan kerjanya, turut mendampingi Menhub Budi adalah Sekda Provinsi Kalimantan Selatan Abdul Harris Makkie, GM Angkasa Pura I Banjarmasin Handy Heryudithiawan, dan Kepala Proyek Pembangunan Bandara Baru Ir Touchid.

Menhub Budi mengatakan, pihaknya sangat mendukung pembangunan bandara untuk menjadikan Banjarmasin menjadi kota yang lebih maju.

"Menjadi kewajiban negara melalui PT Angkasa Pura I untuk menghadirkan bandara yang bisa melayani masyarakat dengan baik. Biasanya kalau bandara diperbesar, penumpang akan meningkat dan daerah di sini maju, " ujarnya.

Saat ini pergerakan penumpang di bandara Syamsuddin Noor sudah mencapai 3,5 juta penumpang per tahun. Sementara kapasitas terminal seluas 9.043 meter persegi tersebut hanya mampu menampung hingga 1 juta penumpang per tahun.

Panjang runway bandara ini baru sepanjang 2.500 x 45 meter persegi, dan apron yang mampu menampung hanya 12 pesawat saja.

Pembangunan tahap I direncanakan akan dimulai pada Maret 2017. Pembangunan yang dilakukan yaitu perluasan terminal menjadi 50.359 meter persegi yang dapat menampung hingga 6 juta penumpang per tahun.

Kemudian, perpanjangan runway hingga 3.000 x 45 meter persegi, dan perluasan apron berkapasitas hingga 18 pesawat.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X