Pasokan Kurang, Harga Cabai Rawit Merah Naik hingga Rp 160.000 Per Kg

Kompas.com - 08/02/2017, 14:03 WIB
Warga sedang memilih cabai di Pasar Modern Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan. Kamis (5/1/2017). Hargai cabai melonjak drastis pasca-tahun baru. Di sejumlah daerah, harga cabai meroket dari puluhan ribu menjadi Rp 200-an ribu. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIWarga sedang memilih cabai di Pasar Modern Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan. Kamis (5/1/2017). Hargai cabai melonjak drastis pasca-tahun baru. Di sejumlah daerah, harga cabai meroket dari puluhan ribu menjadi Rp 200-an ribu.
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga cabai kembali mengalami kenaikan pada awal Februari 2017 ini. Cabai yang mengalami kenaikan tinggi yakni pada cabai rawit merah hingga menembus harga Rp 160.000 per kilogram (kg). Sementara harga normalnya sekitar Rp 50.000 per kg.

Pedagang sayuran di Pasar Minggu, Suwarti (58), menerangkan, kenaikan harga cabai rawit merah telah berlangsung selama seminggu terakhir. 

Menurut dia, kenaikan harga cabai rawit merat disebabkan oleh gagalnya panen tanaman cabai akibat hujan yang melanda di seluruh daerah.

Gagalnya panen menyebabkan pasokan cabai berkurang dan berakibat kepada harga cabai itu sendiri. 

"Karena di Jawa itu mau panen, udah mau dipetik, tetapi tahu-tahu hujan gede. Jadinya busuk separuh lagi," ujar Suwarti saat diwawancarai di Pasar Minggu, Jakarta, Rabu (8/2/2017). 

Suwarti mengungkapkan, cabai jenis lainnya juga mengalami kenaikan. Seperti pada cabai keriting merah mengalami kenaikan hingga Rp 55.000 per kg yang sebelumnya seharga Rp 40.000 per kg. 

Kemudian, cabai rawit hijau yang naik hingga Rp 80.000 per kg dari sebelumnya Rp 50.000 per kg. Untuk cabai merah besar atau lombok relatif hampir stabil di harga Rp 45.000 per kg. 

"Kalau satu (cabai) naik, semuanya pasti naik," katanya. 

Sementara itu, pedagang sayuran lainnya, Tini (50), mengatakan, para pembeli pun mengeluh dengan harga cabai rawit merah Rp 160.000 per kg, terutama pembeli yang berprofesi sebagai pedagang makanan. 

Menurut dia, para pedagang pasar pun jarang menjual cabai rawit merah akibat harganya yang terus meninggi. 

"Karena kan cari untungnya susah, dari induknya sudah Rp 150.000 per kg, kalau harga segitu pedagang bingung menjualnya berapa," ucapnya. 

Meski demikian, harga bahan pokok lainnya relatif stabil bahkan mengalami penurunan.

Seperti harga bawang merah yang relatif stabil dengan harga Rp 36.000 per kg. Begitu juga harga bawang putih yang stabil dengan harga Rp 38.000 per kg. 

Sementara itu, harga tomat juga cenderung turun seharga Rp 8.000 per kg. Namun, kentang mengalami kenaikan hingga Rp 14.000 per kg.

Sekadar informasi, pada awal tahun 2017 harga cabai rawit merah juga mengalami kenaikan hingga Rp 120.000 per kg. Hal ini disebabkan gagalnya panen akibat hujan yang melanda.

Kompas TV Kenaikan Cabai Rawit Merah Tertinggi Dibanding Jenis Lain

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X