Rute Garuda Jakarta-Tokyo-Los Angeles Masih Terkendala Izin Jepang

Kompas.com - 09/02/2017, 17:30 WIB
Direktur Operasi Garuda Indonesia, Novianto Herupratomo saat ditemui dalam Coffee Morning di Kantor PT Angkasa Pura I (Persero) Jakarta, Kamis (9/2/2017). Achmad Fauzi/Kompas.comDirektur Operasi Garuda Indonesia, Novianto Herupratomo saat ditemui dalam Coffee Morning di Kantor PT Angkasa Pura I (Persero) Jakarta, Kamis (9/2/2017).
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan plat merah Garuda Indonesia mengungkapkan pengoperasian rute Jakarta-Tokyo-Los Angeles masih terkendala izin dari Pemerintah Jepang. 

Direktur Operasi Garuda Indonesia, Novianto Herupratomo mengatakan, maskapai saat ini masih menunggu izin prinsip dari pemerintah Jepang. Izin prinsip ini diperlukan untuk dapat membawa penumpang dari Jepang ke Amerika Serikat.

"Sekarang kami punya frekuensi dua kali seminggu minimal tiga kali seminggu. Kami berharap ada tambahan satu lagi," ujar Novianto saat ditemui dalam Coffee Morning di Kantor PT Angkasa Pura I (Persero) Jakarta, Kamis (9/2/2017).  

Menurut dia, pengurusan izin prinsip merupakan pekerjaan dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Sebab, hal itu merupakan kesepakatan antara kedua negara. Sehingga harus melewati utusan luar negeri kedua negara.

"Yang melakukan perjanjian Kemenlu. Jadi bukan Kementerian Perhubungan dan bukan Garuda Indonesia," jelasnya. 

Meski demikian, dirinya memastikan pengoperasian rute Jakarta-Tokyo-Los Angeles akan dilangsungkan pada tahun ini.  

Sebagai Informasi, Garuda Indonesia kembali berencana membuka penerbangan ke Amerika Serikat.

Pembukaan penerbangan tersebut menyusul dari naiknya peringkat keselamatan penerbangan Indonesia menjadi kategori I.

Nantinya penerbangan rute tersebut menggunakan pesawat jenis Boeing 777-300ER. Penerbangan rute Jakarta-Tokyo-Los Angeles ini akan ditempuh dalam waktu 21 jam.  

Selain itu, maskapai akan membutuhkan waktu selama enam bulan untuk memastikan keterisian penumpang dalam penerbangan ke Amerika Serikat.

Kompas TV Garuda dan Citilink Tambah Jumlah Penerbangan



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X