Begini Cara Majoris Mengelola Reksa Dana Saham Syariah

Kompas.com - 10/02/2017, 15:30 WIB
PT Majoris Asset Management meluncurkan produk reksa dana berbasis saham syariah, di Jakarta, Jumat (10/2/2017). Estu Suryowati/KOMPAS.comPT Majoris Asset Management meluncurkan produk reksa dana berbasis saham syariah, di Jakarta, Jumat (10/2/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Majoris Asset Management (Majoris) meluncurkan produk reksa dana berbasis saham syariah bernama Reksa Dana Majoris Saham Syariah Indonesia (MSSI), pada Jumat (10/2/2017).

RD MSSI ini diluncurkan karena adanya permintaan pasar yang meningkat akan reksa dana syariah.

Head of Investment & Research Majoris, Yekti Dewanti menjelaskan, RD MSSI ini akan menggunakan Indeks Saham Syariah Indonesia sebagai tolok ukur.

Adapun kebijakan investasinya yaitu antara 80 persen-100 persen di efek syariah bersifat ekuitas yang tercantum dalam Daftar Efek Syariah yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sedangkan sisanya, antara 0 persen-20 persen akan ditempatkan di Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang mempunyai jatuh tempo kurang dari satu tahun dan atau deposito syariah.

Sebagai administrator dan bank kustodian dari produk ini adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

"Kami menggunakan fleksibilitas dalam pengelolaan aset, karena disesuaikan dengan kondisi pertumbuhan ekonomi, industri. Kedua, kita menggunakan pendekatan bottom up," kata Yekti.

Pendekatan "bottom up" dalam memilih saham ini dijelaskan Yekti yakni dengan menganalisis emiten bersangkutan.

Adapun yang dilihat yaitu potensi pertumbuhan dari perusahaan atau emiten itu. Selain itu, dilihat pula aspek profitabilitas serta pengelolaan arus kas usahanya.

Menurut Yekti, pengelolaan arus kas suatu usaha itu tentu akan mempengaruhi kondisi kinerja keuangan dari perusahaan tersebut.

"Terakhir, kami lihat valuasinya bagaimana. Itu beberapa faktor yang kita dalami dalam memilih efek-efeknya," imbuh Yekti.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X