Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Darmin Tak Ingin Budidaya Rumput Laut Dikuasai Perusahaan Besar

Kompas.com - 12/02/2017, 10:28 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

LOMBOK, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menggelar dialog dengan kelompok usaha kecil menengah (UKM) budidaya rumput laut di Desa Senteluk Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat, Minggu (12/2/2017).

Saat dialog, Darmin mendengar bahwa sektor budidaya rumput laut, terutama di Lombok tidak sepenuhnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Sebab perusahaan besar juga masuk ke sektor tersebut. 

"Harusnya tidak boleh," ujarnya saat berdialog dengan kelompok UKM budidaya rumput laut.

Menurut Darmin, seharusnya sektor budidaya rumput laut diserahkan kepada rakyat. Hal itu penting untuk meningkatkan perekonomian rakyat.

Sementara itu, perusahaan-perusahaan besar masuk ke sektor pengolahan rumput laut, salah satunya yaitu pengolahan rumput laut menjadi karagenan (ekstrak rumput laut).

Selama ini tutur Darmin, pasar ekspor rumput laut masih terbatas. Namun, pasar karagenan justru terbuka luas. Oleh karena itu, swasta diminta mengembangkan industri pengolahan rumput laut menjadi karagenan.

"Di banyak tempat (rumput laut) hanya di diekspor ke Tiongkok, harganya rendah dan itu ratusan ribu ton. Pasar dunia tidak banyak, kita harus oleh jadi karagenan dulu," kata Darmin.

Kompas TV Membudidayakan Lobster Air Tawar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com