Harga Ikan Asin Turut Melambung, Kini Lebih Mahal Ketimbang Daging

Kompas.com - 12/02/2017, 12:30 WIB
Di pasar Cisalak, Depok, harga teri medan Rp 140.000 per Kg, lebih mahal ketimbang daging sapi yang mencapai Rp 110.000 per Kg. Iwan Supriyatna/Kompas.comDi pasar Cisalak, Depok, harga teri medan Rp 140.000 per Kg, lebih mahal ketimbang daging sapi yang mencapai Rp 110.000 per Kg.
|
EditorAprillia Ika

DEPOK, KOMPAS.com - Selain harga cabai rawit merah yang semakin pedas dan menguras dompet, harga ikan asin pun tak mau kalah.

Di pasar Cisalak, Cimanggis, Depok, saat ini harga ikan asin teri medan sudah tembus di kisaran harga Rp 140.000 per kilogram (Kg). Padahal, harga daging sapi mencapai Rp 110.000 per kg.

Harga ikan asin teri medan ini sudah naik tak wajar menurut Iin (40), yang telah berjualan sayuran dan ikan asin di pasar Cisalak selama 11 tahun ini. Menurutnya, harga ikan asin sudah melebihi harga daging sapi.

"Naiknya gila-gilaan, mahalan harga ikan asin malah dibanding daging sapi," ujar Iin, Minggu (12/2/2017).

Selain itu, harga cumi asin pun mengalami kenaikan, yang tadinya di kisaran Rp 40.000 kini sudah naik dua kali lipat di Rp 80.000. Memang terdapat dua macam cumi asin, diantaranya cumi asin basah dan kering.

Cumi asin kering yang kenaikannya paling tinggi mencapai dua kali lipat. Untuk cumi asin basah saat ini dibanderol di harga Rp 60.000 per Kg yang tadinya di kisaran Rp 45.000 per Kg.

"Cumi asin juga mahal, enggak tau ya kenapa bisa mahal gini, apa karena musim hujan jadi proses pengeringannya susah dan lama," pungkas Iin.

Kompas TV Tidak stabilnya pasokan cabai di berbagai daerah menjadi penyebab utama naik turunnya harga cabai di pasaran. Hal ini juga terjadi di wilayah Kendal, jawa Tengah
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.