Pertamina Targetkan "Groundbreaking" Proyek Kilang Tuban Akhir 2017

Kompas.com - 13/02/2017, 18:44 WIB
Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Wianda Pusponegoro. Iwan Supriyatna/KOMPAS.comVice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Wianda Pusponegoro.
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menargetkan groundbreaking atau pemancangan tiang pertama proyek kilang Tuban, Jawa Timur bisa direalisasikan akhir tahun ini atau pada kuartal IV 2017.

"Groundbreaking kilang Tuban pada triwulan IV 2017," ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro di Jakarta, Senin (13/2/2017).

Wianda menambahkan, saat ini proyek yang menelan investasi sebesar 13 miliar dollar Amerika Serikat (AS) ini masih dalam tahap penyelesaian izin amdal yang termasuk dalam basic feasibility study atau studi kelayakan dasar.

Untuk memuluskan proyek tersebut, Pertamina telah melakukan penandatanganan perjanjian dengan Rusia Rosneft untuk membentuk joint venture company (JVC) atau perusahaan patungan yang nantinya akan mengerjakan proyek Grass Root Refinary (GRR) Tuban.

Dalam perjanjian yang telah ditandatangani tersebut, nantinya Pertamina memiliki 55 persen saham di perusahaan patungan tersebut, sementara Rosneft memiliki porsi 45 persen kepemilikan saham.

Wianda juga mengatakan, kilang Tuban akan rampung satu tahun lebih cepat dari target 2022 menjadi 2021. Pasalnya, Rosneft berkomitmen untuk mempercepat pembangunan hingga lebih cepat 1 tahun dari target awal pembangunan.

"Tadinya kilang tuban di 2022, tetapi ada keyakinan bisa beroperasi di 2021, lebih cepat satu tahun," pungkasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X