Tak Hanya Samsat, Warga Bisa Uji KIR Kendaraan di Perusahaan Ini

Kompas.com - 14/02/2017, 11:40 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang didampingi oleh Chief Executive Officer (CEO) Hiba Group Jacobus Irawan dalam Peresmian Uji Coba Fasilitas Uji KIR milik HAM di Kantor PT Hibaindo Armada Motor (HAM), Jakarta (14/2/2017) Achmad FauziMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang didampingi oleh Chief Executive Officer (CEO) Hiba Group Jacobus Irawan dalam Peresmian Uji Coba Fasilitas Uji KIR milik HAM di Kantor PT Hibaindo Armada Motor (HAM), Jakarta (14/2/2017)
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Fasilitas uji kelaikan kendaraan bermotor atau KIR biasanya dimiliki pemerintah daerah (pemda). Namun, di tengah perkembangannya kini terdapat fasilitas uji KIR yang dikelola swasta.

Fasilitas tersebut terletak di dealer Hino HAM Cakung, Jakarta Timur. Tempat tersebut merupakan fasilitas uji KIR swasta pertama yang dikelola oleh PT Hibaindo Armada Motor (HAM) yang juga operator bus Hiba Utama.

Fasilitas uji KIR milik HAM ini diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang didampingi oleh Chief Executive Officer (CEO) Hiba Group Jacobus Irawan pada Selasa (14/2/2017).

Turut hadir dalam peresmian fasilitas tersebut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto.

Budi Karya mengatakan, fasilitas uji KIR milik Hibaindo diharapkan mampu memberikan pelayanan yang mudah dan cepat. Menurut dia, selama ini pelaksanaan uji KIR bisa sampai satu hari.

"Saya mendapatkan komplain oleh pengusaha uji KIR itu sampai satu hari. Makanya kami mengharapkan bisa mudah, cepat dan murah. Mudah-mudahan ini bisa dilaksanakan sampai 30 menit," ujar Budi Karya dalam peresmian fasilitas uji KIR di Kantor HAM, Jakarta.

Dirinya pun meminta kepada HAM selaku pengelola untuk konsisten melayani angkutan umum yang melakukan uji KIR. Selain itu, dirinya meminta kepada Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto untuk terus memantau pelaksanan uji KIR oleh HAM.

"Ini kita uji coba terlebih dahulu selama tiga bulan. Saya minta Dirjen Perhubungan Darat untuk melakukan aspek legal yang menghimbau lebih profesional," katanya. 

Sementara itu, CEO Hiba Group Jacobus Irawan mengatakan, pembangunan fasiltas uji KIR ini memakan investasi sebesar Rp 5 miliar. Fasilitas uji KIR milik HAM ini akan melayani kendaraan umum seperti bus, truk, taksi hingga taksi online.

"Dengan adanya fasilitas ini dapat membantu pemerintah melayani masyarakat untuk memastikan kendaraan yang digunakan aman dan nyaman," tandasnya.

Sebagai informasi, terdapat tiga tempat pengujian KIR milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ketiga terdapat di Cilincing, Menteng, dan Pulogadung.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X