Kompas.com - 14/02/2017, 18:38 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) harus lebih efektif dan produktif. Oleh sebab itu, salah satu aspek pentingnya adalah penyaluran KUR harus secara merata ke seluruh daerah.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad menyebut, perlu sosialisasi program KUR di daerah-daerah. Ia menyatakan, selama ini OJK sudah menjalankan beberapa insiatif dalam mendorong program KUR. Salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah hingga pemanfaatan program laku pandai.

"Membangun percepatan akses keuangan di daerah, memanfaatkan laku pandai itu bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk mempercepat KUR, saat ini sudah cukup bagus, kita gunakan sebagai sarana sosialisasi termasuk edukasi kepada calon nasabah," ujar Muliaman di Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Muliaman menuturkan, dalam mengembangkan program KUR, OJK bersinergi dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk memastikan lembaga keuangan yang ikut dalam KUR adalah lembaga keuangan yang sehat dan dapat dipercaya mengembangkan perekonomian rakyat.

"Tentu kita memastikan bank yang ikut program KUR adalah bank yang memiliki tingkat kesehatan yang baik," tutur dia.

Mengenai perkembangan KUR, Muliaman mengatakan, hingga akhir 2016, realisasi KUR mencapai 94 persen dari target sebesar Rp 100 triliun.

Pada tahun 2017, prafon KUR ditambah sebesar Rp 10 triliun menjadi Rp 110 triliun. Penyaluran KUR tahun ini akan diarahkan ke sektor produktif seperti pertanian, perikanan, hingga industri pengolahan.

"KUR sudah baik realisasinya tahun ini, sektor produktif lebih banyak karena memang tahun lalu lebih banyak ke sektor perdagangan," terang Muliaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.