4 Bekal untuk Negosiasi yang Produktif

Kompas.com - 16/02/2017, 07:30 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
EditorAprillia Ika


Terdapat banyak fakta dan argumen mengapa Negotiation Skill atau keahlian bernegosiasi memiliki kekuatan dan kedigdayaan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Baik dalam konteks bisnis, politik, sosial, dan ekonomi hingga dalam kondisi yang sangat genting sekalipun.

Beberapa kisah nyata menjadi fundamental dan dasar pijakan sekaligus pendorong mengapa High Productive Negotiation Skill atau Keahlian Bernegosiasi dengan Produktifitas Tinggi sungguh mujarab.

Mujarab dalam hal ini bermakna bahwa High Productive Negitation Skill terbukti sanggup menjawab berbagai macam tantangan dan peluang yang membutuhkan proses negosiasi untuk menyelesaikannya atau mendapatkannya.

Namun untuk mencapai Negosiasi yang Produktif, diperlukan beberapa bekal untuk negosiator, karena layaknya sebuah perjalanan yang panjang proses negosiasi juga membutuhkan perbekalan yang cukup agar mereka yang bernegosiasi tidak kehabisan tenaga atau bahkan tersesat dalam perjalanan negosiasi.

Karena jika mereka kehabisan perbekalan sehingga tersesat atau gagal, bisa dipastikan proses negosiasi hanya akan membuang waktu dan biaya yang mubazir, jadi perhatikan 4 bekal untuk negosiasi yang produktif.

Dan bekal tersebut pada hakikatnya adalah kumpulan beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh negosiator.

Dari sekian banyak keterampilan atau keahlian yang diperlukan guna melakukan negosiasi secara paripurna dan produktif, kami pilihkan jenis keterampilan yang sangat signifikan berdampak dan paling sering diperlukan berdasarkan pengalaman parktis.

Dan beberapa keterampilan itu adalah merupakan bekal utama dan mendasar bagi para negosiator sebelum mereka terjun ke medan laga.

Kita kupas satu per satu bekal tersebut!

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X