Pilkada Serentak Dorong Kenaikan Trafik Data XL Axiata

Kompas.com - 17/02/2017, 07:00 WIB
Layanan XL Axiata, HotRod 4G LTE Reska K. Nistanto/Kompas.comLayanan XL Axiata, HotRod 4G LTE
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat terjadinya kenaikan trafik layanan Data sepanjang hari pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di berbagai daerah di Indonesia, Rabu (15/2/2017).

Kenaikan trafik terutama terjadi di daerah-daerah yang memang menyelenggarakan Pilkada, antara lain Nanggroe Aceh Darussalam, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta dan Banten.

Secara rata-rata, kenaikan trafik layanan Data mencapai 17 persen dari rata-rata trafik di hari normal. Penggunaan media sosial (medsos) yang intens mendorong kenaikan tersebut dengan kenaikan mencapai 15 persen.

Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan, jaringan XL Axiata tidak mengalami kendala apa pun dalam memberikan layanan telekomunikasi dan Data sepanjang berlangsungnya Pilkada serentak.

"Jaringan kami selalu siap mengantisipasi kenaikan trafik sepanjang tahun, termasuk saat menghadapi hari-hari besar dan agenda negara seperti Pilkada atau Pilpres," kata Yessie melalui siaran pers, Jumat (17/2/2017).

Yessie menambahkan, sejak jauh-jauh hari XL Axiata sudah menyiapkan penguatan jaringan di semua daerah yang menyelenggarakan Pilkada.

Antisipasi yang dilakukan XL Axiata antara lain adalah secara khusus memastikan lagi kapasitas jaringan di daerah-daerah tersebut, dan hal-hal lain yang bersifat teknis.

Sesuai dengan tren penggunaan media digital sebagai saranan penyampaian informasi dan berkomunikasi, maka kenaikan trafik Data memang yang paling dominan.

Kabar mengenai hal-hal seputar Pilkada disampaikan secara personal maupun massal melalui media digital, terutama media sosial (medsos) dalam berbagai platform.

Trafik penggunaan Facebook, Path, LINE, dan Whatsapp naik di sebagian besar provinsi penyelenggara Pilkada.

Facebook paling tinggi kenaikannya, yaitu masing-masing di Nanggroe Aceh Darussalam naik 53 persen, DKI 17 persen, Banten 14 persen, dan Bangka Belitung 9 persen.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X