Studi Terbaru, UKM Belum Lakukan Transformasi Digital Secara Maksimal

Kompas.com - 17/02/2017, 10:00 WIB
Ilustrasi Transformasi Digital Dok. IstimewaIlustrasi Transformasi Digital
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com – Empat dari lima usaha kecil dan menengah (UKM) di dunia kini mulai melihat manfaat yang nyata dari transformasi digital, menurut sebuah studi global yang dikembangkan oleh IDC dan disponsori oleh SAP SE.

Manfaat tersebut mencakup peningkatan penjualan, pengurangan biaya, kemudahan akses informasi dan peningkatan layanan pelanggan serta produktivitas pekerja.

Namun, banyak juga di antara UKM yang belum menyadari potensi penuh dari transformasi digital.

Studi tersebut menemukan kurang dari 7 persen dari UKM telah mengintegrasikan usahanya untuk mendapatkan wawasan real-time yang mendorong optimisasi dalam berbagai proses dan alur kerja untuk mendapatkan hasil bisnis yang lebih baik.

"Transformasi digital dapat dengan cepat menjadi syarat penting dalam berbisnis bagi UKM yang ingin memaksimalkan tingkat pertumbuhan dan profitabilitas," kata Barry Padgett, presiden tim SMB (Small and Medium Businesses) SAP melalui siaran pers, Jumat (17/2/2017).

Survei IDC dan SAP SE yang fokus pada kemajuan transformasi digital UKM di 13 negara menemukan bahwa UKM menerapkan pendekatan yang praktis dan taktis pada transformasi digital.

Hampir 44 persen UKM pun tengah berinvestasi pada teknologi untuk merasakan perbedaan langsung dalam mendukung proses bisnis mereka saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Temuan laiin, UKM dengan 500-999 karyawan lebih mungkin memiliki pandangan jangka panjang.

Hampir setengah dari mereka (46,5 persen) mengatakan bahwa partisipasi aktif mereka dalam ekonomi digital akan menjadi faktor penting bagi kelangsungan hidup perusahaan mereka dalam tiga sampai lima tahun ke depan.

Hanya lebih dari sepertiga (38,2 persen) dari usaha kecil dengan kurang dari 100 karyawan merasakan hal yang sama.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X