OPEC Lanjutkan Pemangkasan Produksi, Harga Minyak Fluktuatif

Kompas.com - 17/02/2017, 10:15 WIB
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak bergerak variatif pada Kamis atau Jumat dini hari waktu Indonesia (17/2/2017) menyusul laporan negara-negara eksportir minyak (OPEC) yang mungkin akan memperpanjang perjanjian pengurangan pasokan minyak dengan non-anggota.

Bahkan mungkin memotong lebih banyak produksi apabila persediaan minyak mentah global tidak turun ke tingkat yang ditargetkan. Patokan minyak Brent turun 4 sen ke level 55,71 dollar AS per barel. Sedangkan, patokan minyak West Texas Intermediate naik 25 sen atau setengah persen ke level 53,36 dollar AS per barel.

Sementara itu, harga bensin turun 1,5 persen ke 1.525,2 per galon. Harga membuat beberapa kerugian bagi mereka yang melakukan reli di awal.

"Ada kemungkinan OPEC memperpanjang kesepakatan produksi. Tetapi, ada begitu banyak pasokan di pasar yang menandakan kecakapan retorika mereka semakin berkurang," kata analis dari Again Capital John Kilduff, dikutip CNBC, Jumat.

Akhir tahun lalu, OPEC dan negara produsen lainnya termasuk Rusia sepakat untuk mengurangi banjir pasokan dengan menurunkan produksi 1,8 juta barel. Kesepakatan dimulai 1 Januari dan berlangsung selama enam bulan. Sebagian besar anggota OPEC memiliki kepatuhan yang tinggi terhadap perjanjian.

Namun tidak jelas berapa dampak pengurangan produksi di tengah persediaan minyak dunia yang mendekati rekor tertinggi. Persediaan minyak mentah Amerika Serikat naik tajam dalam enam pekan terakhir, dalam laporan yang dirilis Administrasi Informasi Energi (EIA) Rabu.

Sejumlah analis mengatakan, pasar sudah bersiap-siap rugi jika persediaan tidak turun segera. Sumber OPEC kepada Reuters mengatakan, pakta pasokan bisa diperpanjang pada Mei apabila semua produsen menunjukkan kerja sama yang efektif.

"Ada kesempatan yang baik dan peluang yang tinggi apabila kelompok OPEC memutuskan bahwa mereka ingin melanjutkan proses ini," kata analis dari Energy Aspect Richard Mallinson. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.