Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Sebut Perdagangan RI-Arab Saudi Menurun 36 Persen

Kompas.com - 17/02/2017, 10:30 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima dan melakukan pertemuan dengan Majelis Syura Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang dipimpin oleh ketuanya yakni Abdullah bin Muhammad bin Ibrahim Al Sheikh di Istana Merdeka.


Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin ini membahas beberapa hal yang terkait dengan hubungan antar kedua negara.

"Bapak Presiden menyampaikan bahwa kedua parlemen didorong untuk bekerjasama, membantu upaya-upaya pemerintah kedua negara untuk meningkatkan hubungan dan kerja sama," kata Wakil Menteri Luar Negeri, Abdurrahman M Fachir seperti dilansir dari situs resmi Sekretariat Kabinet, Jumat (17/2/2017).

Fachir mengatakan, secara khusus Presiden menyampaikan beberapa hal antara lain menyangkut kerjasama perdagangan dan ekonomi, dimana disampaikan catatan terdapat penurunan yang cukup signifikan periode 2014 hingga 2015 sebesar 36 persen.

Menanggapi hal itu, Ketua Majelis Syura Kerajaan Arab Saudi mengemukakan, bahwa penurunan volume perdagangan tersebut tidak hanya khas Indonesia, tetapi juga hampir di seluruh dunia, terutama karena faktor menurunnya harga minyak.

Ketua Majelis Syura Kerajaan Arab Saudi itu berjanji akan mengkomunikasikannya dengan kementerian-kementerian terkait di negaranya, dan akan menyampaikan harapan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi.

"Dimintakan juga bantuan dari Ketua Majelis Syura Kerajaan Arab Saudi untuk realisasi berbagai rencana dan komitmen investasi di Indonesia," pungkas Fachir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com