Kemenhub Perbolehkan Kendaraan 1.000 Cc Jadi Taksi "Online"

Kompas.com - 17/02/2017, 20:06 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah melakukan uji publik Peraturan Menteri Perhubungan (PM) Nomor 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. 

Salah satu peraturan yang diuji terkait penggunaan kendaraan dengan kapasitas di bawah 1.300 cc. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto mengatakan, dalam uji publik disepakati bahwa kendaraan dengan kapasitas mesin 1.000 cc diperbolehkan untuk menjadi transportasi taksi online

"Jadi yang kendaraan low cost green car (LCGC) bisa dipenuhi oleh PM 32. Jadi yang 1.000 cc bisa sekarang," ujar Pudji saat ditemui di Kemenhub Jakarta, Jumat (17/2/2017). 

Pudji menuturkan, pertimbangannya adalah pihaknya tidak mau bertentangan dengan kebijakan pemerintah yang menerapkan kendaraan ramah lingkungan. "Kita kan berkaitan dengan go green, efisien dan sebagainya," tuturnya. 

Namun, Pudji memberikan catatan terkait diperbolehkannya kendaraan dengan mesin 1.000 cc jadi taksi online. Salah satunya, soal kapasitas penumpang yang tidak boleh melebihi batas maksimal kendaraan. 

"Misalnya kendaraannya hanya kapasitas empat orang. Jadi, hanya tiga orang bisa numpang," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.