Kompas.com - 18/02/2017, 15:45 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorM Fajar Marta

WAKATOBI, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau bandara Matahora di Wakatobi, Sulawesi Tenggara pada Sabtu (18/2/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Menhub ditemani Bupati Wakatobi H Arhawi serta perwakilan dari BUMN penerbangan Garuda Indonesia.

Menurut Menhub, dia berharap akan ada kesepakatan antara Pemda Wakatobi dengan Garuda Indonesia terkait penerbangan langsung dari Bali.

"Kami pastikan dulu bandara ini ramai. Selain itu, 6 bulan lagi bandara Toraja selesai pembangunannya. Diharapkan konektivitasnya akan semakin meningkat," ujar Menhub.

Menhub mengatakan saat ini runway bandara Matahora di Wakatobi ini sudah cukup. Panjang runway yakni 2.000 meter dengan lebar 30 meter. Runway ini sudah bisa didarati pesawat jenis ATR 72-500/600.

Lantas untuk mengantisipasi penerbangan langsung dari Bali, runway bandara akan ditambah 200 meter agar bisa didarati pesawat jenis jet.

Penambahan runway akan memakan biaya Rp 200 miliar dan akan dimulai pembangunannya pada tahun ini.

Menurut Menhub, "segitiga pariwisata" antara Bali-Wakatobi-Toraja penting untuk segera direalisasikan.

Dengan demikian, wisatawan bisa mendapatkan paket wisata lengkap. Di Wakatobi, wisatawan akan puas dengan wisata alam. Di Toraja, dengan wisata magisnya.

Selanjutnya, Menhub juga berencana meninjau pelabuhan Wakatobi. Dia berharap agar pulau-pulau di kabupaten Wakatobi tersambung satu sama lain.

"Di Wakatobi ada empat pulau. Semua harus saling terhubung," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.