Mandiri Capital Suntik Modal ke Perusahaan "Fintech" 2 Juta Dollar AS

Kompas.com - 20/02/2017, 12:48 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Mandiri Capital Indonesia (MCI) pimpin pendanaan untuk investasi peusahaan rintisan (startup) layanan keuangan berbasis teknologi fintech dalam bidang POS (point of sales) yaitu MOKA POS senilai 2 juta dollar AS.

Startup tersebut merupakan perusahaan dalam negeri yang fokus pada bisnis Mobile Point of Sale untuk UMKM di Indonesia.

MOKA POS menyediakan aplikasi Android atau iOS yang digunakan untuk kasir, baik merchant online maupun offline. Dengan demikian, pemilik bisnis terbantu dalam mengakses data seperti laporan penjualan, persediaan dan komplain dari konsumen secara langsung.

"Bank Mandiri memiliki banyak pelanggan UKM, dan kami memiliki misi untuk membantu mereka bertumbuh. Salah satu halangan yang kami lihat di UKM adalah pendataan yang masih manual," ujar Hira Laksamana, Direktur Keuangan MCI di Jakarta, Senin (20/2/2017).

Hira mengungkapkan, Bank Mandiri memandang Moka adalah mitra yang tepat dalam memberikan solusi terhadap halangan semacam itu. Adapun Haryanto Tanjo, CEO dan pendiri Moka, melihat pendanaan MCI sebagai investasi strategis.

"Kami percaya bahwa jaringan UMKM Bank Mandiri yang sangat luas akan mendapatkan manfaat dari POS dan solusi pembayaran kami. Kami berharap kerja sama dengan Mandiri Capital Indonesia dapat semakin memberdayakan bisnis-bisnis lokal," ungkap Haryanto.

Moka digunakan oleh lebih dari 2. 500 toko di Indonesia. Dengan pendanaan dari MCI, Moka berencana untuk tumbuh secara agresif tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.