Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemelut Freeport Indonesia Bayangi Saham Freeport McMoran di AS

Kompas.com - 22/02/2017, 18:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saham induk usaha PT Freeport Indonesia (PTFI) yakni Freeport McMoRan Inc yang tercatat di New York Stock Exchange dengan kode FCX pada penutupan Selasa (21/2/2017) ditutup melemah 5,23 persen sebesar 0,78 poin ke level 14,13 dollar Amerika Serikat (AS) per lembar saham.

(Baca: Harga Saham Freeport Terjun Bebas)

Berdasarkan pantauan Kompas.com, pada pembukaan perdagangan waktu setempat, saham FCX berada pada level 14,64 dollar AS per lembar saham. Kemudian, saham Freeport terus turun hingga ke level terendah 13,92 dollar AS per lembar saham.

Head of Research and Consulting Services Infovesta Utama, Edbert Suryajaya mengatakan, turunnya harga saham FCX sangat terpengaruh isu PTFI yang tengah bergejolak di Indonesia.

"Pastinya terpengaruh, karena PTFI penyumbang income terbesar ke Freeport McMoran," ujar Edbert kepada Kompas.com, Rabu (22/2/2017).

Menurut Edbert, para investor saham FCX tengah dibayang-bayangi ketidakpastian investasi anak usaha Freeport McMoran Inc di Indonesia. Sehingga hal tersebut mempengaruhi para investor untuk menanamkan modalnya di saham FCX.

"Ketidakpastian investasi PTFI mempengaruhi keberlangsungan saham freeport. Para investor juga tengah menunggu apakah PTFI jadi atau tidak menerapkan IUPK," terang Edbert.

Adapun kapitalisasi pasar saham Freeport tercatat mencapai 19,04 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 254 triliun (asumsi rupiah Rp 13.000 per dollar AS).

Dari data Bloomberg, saham Freeport telah mengalami pelemahan sebesar 16,98 persen dari posisi tertinggi sebulan terakhir di level 17,02 dollar AS per lembar saham yang dicapai pada 24 Januari 2017.

Kendati demikian, saham Freeport memberikan imbal hasil sebesar 78,18 persen setahun terakhir dan 7,13 persen sejak awal tahun ini.

Kompas TV Pemerintah Vs Freeport Belum Sepatak Harga Saham

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com