Butuh Uang Tunai, Lebih Baik Gunakan Kartu Kredit atau KTA?

Kompas.com - 26/02/2017, 13:00 WIB
Ilustrasi kartu kredit. ThinkstockIlustrasi kartu kredit.
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Seringkali di tengah tuntutan kebutuhan hidup, kita dihadapkan pada situasi pelik, membutuhkan dana tunai yang cukup mendesak. Bila kondisi keuangan kita sehat, kebutuhan dana segar yang sifatnya mendadak dan  mendesak itu seharusnya bisa ditutup dengan dana darurat.

Tapi, ketika dana darurat tidak lagi mencukupi atau malah tidak ada dana darurat sama sekali, kebanyakan orang pada akhirnya akan memutuskan berutang. Entah pada teman, kerabat, saudara atau bank. Misalnya, melalui fitur tarik tunai kartu kredit atau berutang pinjaman tanpa agunan.

Tarik tunai kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA) sejatinya adalah produk-produk kredit dengan biaya tinggi. Agar penggunaannya tepat, pertimbangkan dulu hal ini sebelum memutuskan memanfaatkannya:

1.    Lihat kebutuhan

Bila kebutuhan Anda adalah dana tunai dengan ukuran spesifik, jelas peruntukannya, memilih KTA adalah lebih tepat ketimbang memakai tarik tunai kartu kredit. KTA bisa lebih murah dibandingkan tarik tunai kartu kredit.

2.    Kedisiplinan membayar

Memakai tarik tunai kartu kedit memungkinkan Anda membayar cicilan dengan nilai minimal. Hal ini justru bisa membuat Anda terlena dan tidak sadar bila nilai utang semakin membesar karena skema bunga berbunga dalam hitungan kartu kredit.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan bila memakai KTA untuk kebutuhan dana tunai, tagihan yang harus Anda cicil setiap bulan sudah jelas nilainya. Tidak ada opsi pembayaran minimal sehingga Anda dipaksa disiplin membayar utang.

3.    Penggunaan dana

Kartu kredit adalah alat transaksi yang tepat bila Anda terbilang kerap bepergian, sering berbelanja atau memang penyuka gaya hidup cashless. Tetapi, bila kebutuhan Anda sebenarnya hanya sejumlah uang di waktu tertentu untuk sebuah keperluan, lebih tepat bila Anda mengajukan KTA ketimbang kartu kredit.

Kompas TV Tips Kelola Utang Kartu Kredit Setelah Lebaran



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X