Seperti ini Investasi Untuk Biaya Pendidikan Anak Dasar dan Menengah

Kompas.com - 26/02/2017, 16:00 WIB
Ilustrasi asuransi pendidikan Thinkstock/NelosaIlustrasi asuransi pendidikan
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti kita ketahui bahwa biaya pendidikan untuk anak saat ini semakin meningkat setiap tahunya. Peningkatan yang terjadi bahkan bisa mencapai 20 persen.

Pendidikan masih dijadikan prioritas utama oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama untuk pendidikan dasar dan menengah.

Para orang tua harus selalu memperhitungkan keuangan mereka untuk persiapan pendidikan tersebut.
Ada beberapa jenis keuangan yang menjadi kewajiban para siswa yang bersekolah di wilayah Indonesia. Uang pangkal sekolah biasanya dibebankan dalam jumlah yang cukup besar, tergantung dari kebijakan sekolah terkait.

Mengingat jumlahnya yang semakin meningkat, para orang Tua tidak bisa hanya mengandalkan tabungan saja, namun harus mencari alternatif keuangan lainya, seperti investasi.

Berikut ini ada empat produk investasi yang tepat dan bisa dijadikan alternatif keuangan untuk biaya pendidikan dasar dan menengah:

1.    Coba Reksa Dana

Pernah mendengar tentang reksa dana? Pengertiannya adalah sebuah wadah investasi kolektif pada Instrumen-Instrumen pasar seperti saham, obligasi, atau pasar uang, namun diatur sepenuhnya oleh pihak ketiga yaitu manajer investasi.

Reksa dana ini biasanya dibedakan berdasarkan jangka waktu dan tingkat risikonya. Dalam hal pendidikan, untuk biaya pendidikan dasar dan menengah, jangka waktu yang digunakan adalah 3 tahun – 6 tahun. jika mencoba reksa dana, sebaiknya Anda memilih reksa dana yang risikonya rendah dan Jangka waktu singkat.

a.    Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang dinilai memiliki risiko rendah, karena penempatan dana investasinya akan memilih media pasar uang yang relatif lebih stabil, contohnya seperti deposito dan surat utang.

Reksa dana pasar tergantung kebutuhan Anda, jika Anda membutuhkan dana pendidikan dalam waktu 1 tahun -3 tahun kedepan, jenis reksa dana ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X