Seribu Kacamata Gratis untuk Anak-Anak di Pulau Terluar...

Kompas.com - 26/02/2017, 17:30 WIB
Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi membersihkan tiang Kapal Motor Penyeberangan Portlink III saat berlayar di Selat Sunda, Selasa (15/11). Kegiatan itu dilakukan untuk menggalakkan perilaku kerja bersih di PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero). Kompas/Dwi Bayu RadiusPelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi membersihkan tiang Kapal Motor Penyeberangan Portlink III saat berlayar di Selat Sunda, Selasa (15/11). Kegiatan itu dilakukan untuk menggalakkan perilaku kerja bersih di PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti banyak orang bilang, kebahagiaan tak hanya terpancar dari ekspresi wajah, tetapi juga sorotan mata. Namun apa jadinya bila mata mengalami penurunan ketajaman penglihatannya?

Barangkali, sinar kebahagiaan itu juga ikut meredup. Berangkat dari itu, inisiasi program memberikan kacamata, terutama kepada anak-anak, dibentuk.

Adalah PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terpanggil mengembalikan pancaran kebahagiaan dari mata anak-anak di sejumlah pulau terluar.

Sedikitnya, 1.000 kacamata gratis akan dibagikan anak-anak yang memiliki penurunan ketajaman penglihatan pada matanya. Pulau terluar pertama yang diberikan bantuan adalah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

"Kami berharap, bantuan yang kami salurkan ini dapat membantu dan mendukung upaya peningkatan taraf hidup dan kesehatan anak-anak sekolah di wilayah terluar Indonesia," kata Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi dalam keterangan resmi, Minggu (26/2/2017).

Tercatat ada 13 sekolah yang menerima bantuan kacamata untuk para pelajarnya. Sekolah itu terdiri dari 11 Sekolah Dasar (SD) dan 2 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Survei dan pemeriksaan mata secara gratis sudah dilakukan di Mentawai.

Hasilnya, kebutuhan kacamata anak-anak pelajar sekolah dasar (SD) terbilang tinggi. Bahkan sejumlah anak ditemukan terindikasi mengalami penurunan daya penglihatannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain pemberian kacamata gratis, PT ASDP juga memberikan bantuan pemeriksaan mata, operasi mata, dan pemberitaan bantuan buku bacaan. Kepulauan Mentawai sendiri adalah salah satu dari tiga kabupaten di Sumatera Barat yang termasuk dalam kategori daerah tertinggal.

Tingkat kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Mentawai mencapai 15,52 persen, lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemiskinan Provinsi Sumatera Barat yakni 7,31 persen.

"Kami peduli dengan masyarakat Mentawai, terutama dalam hal kesehatan dan pendidikan anak-anak, yang belum sepenuhnya mendapat perhatian dan dukungan karena berada di wilayah terluar," kata Ketua Panitia ASDP Charity Golf Tournament Christine Hutabarat.

Kompas TV ASDP Sediakan Bus Bagi Lansia, Balita & Bumil



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X