Stasiun Kereta Bandara Soekarno-Hatta Selesai Maret Ini

Kompas.com - 26/02/2017, 20:30 WIB
Sebuah Kereta Rel Listrik (KRL) melaju di samping lokasi pembangunan Stasiun Sudirman Baru di Jakarta, Rabu (23/11/2016). Stasiun yang terintergrasi dengan stasiun MRT itu hanya akan melayani penumpang dari Stasiun Manggarai menuju bandara Soekarno Hatta melewati Stasiun Sudirman Baru, Duri, dan Batu Ceper sebagai stasiun pemberhentian dan diperkirakan selesai pada akhir 2016 mendatang. GARRY ANDREW LOTULUNGSebuah Kereta Rel Listrik (KRL) melaju di samping lokasi pembangunan Stasiun Sudirman Baru di Jakarta, Rabu (23/11/2016). Stasiun yang terintergrasi dengan stasiun MRT itu hanya akan melayani penumpang dari Stasiun Manggarai menuju bandara Soekarno Hatta melewati Stasiun Sudirman Baru, Duri, dan Batu Ceper sebagai stasiun pemberhentian dan diperkirakan selesai pada akhir 2016 mendatang.
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II menargetkan dapat merampungkan pembangunan stasiun kereta di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada akhir Maret 2017.

Rencananya kereta bandara yang menghubungkan stasiun Manggarai dan stasiun di Bandara Soekarno-Hatta akan mulai beroperasi pada Juli 2017

“Stasiun kereta di Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan selesai pada Maret 2017 atau bersamaan dengan selesainya pembangunan stasiun Skytrain,” ujar Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II dalam keterangan tertulis, Minggu (26/2/2017).

Hingga Februari ini progres proyek pembangunan stasiun itu sudah mencapai 85 persen. Pembangunannya stasiun senilai Rp 160 miliar itu sendiri sudah dimulai sejak Juni tahun 2015 lalu. Nantinya bangunan tersebut akan bisa menampung hingga 3.500 penumpang.

Stasiun ini juga akan dilengkapi dengan ticketing counter, public hall, tapping gate in, waiting lounge, commercial area, toilet, musholla, station headroom, konektivitas ke integrated building serta stasiun Skytrain.

Menurutnya waktu tempuh kereta dari stasiun Manggarai ke Bandara Soekarno-Hatta akan memakan 45 menit.

Kereta bandara ini akan mulai beroperasi pada Juli 2017 dengan enam kereta berkapasitas 272 penumpang atau dalam 1 hari dapat melayani sebanyak 35.000 penumpang. Total trek dari kereta bandara ini sejauh 36,3 km.

“Saat ini dalam 1 hari Bandara Internasional Soekarno-Hatta melayani penerbangan sekitar 150.000 penumpang, sehingga diperkirakan kereta bandara akan mengurangi 20 persen-30 persen volume kendaraan umum atau pribadi yang menuju bandara,” tandasnya.

Kompas TV Kereta Bandara Soekarno-Hatta Segera Dibangun

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X