Bertemu Jokowi, 10 CEO Australia Minat Investasi Rp 65 Triliun di RI

Kompas.com - 26/02/2017, 21:31 WIB
Presiden Joko Widodo berjalan pagi di Royal Botanic Garden Sydney bersama PM Malcolm Turnbull, berbincang santai sambil menyapa warga Australia. Biro Pers SetpresPresiden Joko Widodo berjalan pagi di Royal Botanic Garden Sydney bersama PM Malcolm Turnbull, berbincang santai sambil menyapa warga Australia.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengungkapkan, 10 perusahaan besar asal Australia berminat investasi di Indonesia.

Total nilai investasinya mencapai hingga 5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 65 triliun (kurs Rp 13.000 per dollar AS).

Minat investasi itu disampikan langsung 10 CEO perusahaan tersebut saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) disela-sela kunjungannya di Sidney, Australia, Minggu (26/2/2017).

Minat Investasi perusahaan asal Australia terdiri dari minat investasi disektor pertambangan dan pengolahannya, sektor industri makanan dan minuman, sektor pariwisata, perhotelan dan sektor infrastruktur.

Dalam pertemuan itu Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia sedang menikmati iklim investasi yang kondusif.

Terlebih sejumlah lembaga internasional, Moody’s dan Fitch, kenaikan status Indonesia dari stabil ke positif.

Selain itu, peringkat kemudahan investasi di Indonesia pun melonjak 15 peringkat dari posisi 106 memakai 91.

Berdasarkan data BKPM pada 2016, realisasi Investasi dari Australia mencapai 174 juta dollar AS naik tipis 4 persen dari tahun sebelumnya di leve 167 juta dollar AS.

Diharapkan minat investasi 10 perusahan tersebut bisa meningkatkan realisasi investasi Australia di Indonesia.

Kompas TV Rintikan air hujan dan embusan angin sempat menyambut Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana saat berkunjung ke Australia. Hal unik terlihat ketika seorang ajudan presiden ingin memayunginya. Namun, Presiden Jokowi lebih memilih menggunakan payungnya sendiri. Dengan perlahan, Presiden beserta Ibu Negara menuruni anak tangga pesawat kepresidenan yang kemudian disambut sejumlah pejabat negara Australia. Kedatangan Jokowi ke Australia kali ini untuk meningkatkan kerja sama dan mempererat hubungan bilateral kedua negara. Jokowi juga sempat melakukan jalan santai bersama Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull di Royal Botanic Garden, Sydney, serta berbincang dengan warga yang melintas.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X