Inalum Mampu Sediakan Dana untuk Serap Saham Freeport

Kompas.com - 27/02/2017, 19:10 WIB
Direktur Utama Inalum di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman Jakarta Senin (27/2/2017) Achmad FauziDirektur Utama Inalum di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman Jakarta Senin (27/2/2017)
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan pertambangan milik negara PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) tidak mempermasalahkan kebutuhan dana untuk menyerap saham PT Freeport Indonesia.

Direktur Utama Inalum Winardi Sunoto mengatakan, perseroan siap dan mampu untuk menyerap divestasi saham Freeport. Menurut dia, kemungkinan, dananya bisa didapat dari pinjaman perbankan.

"Kalau proyek itu feasible atau laik, tidak masalah," ujar Winardi saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman Jakarta, Senin (27/2/2017). "Kami bagaimana pemerintah saja. Kami siapkan opsi-opsi yang mungkin ada," tandasnya. 

Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 Tahun 2017 tentang perubahan keempat Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Dalam peraturan tersebut, perusahaan pertambangan diwajibkan divestasi 51 persen secara bertahap selama sepuluh tahun.  

Dalam hal ini, pemerintah akan menyiapkan Inalum untuk mengambil alih saham Freeport Indonesia. 

Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan, jika menang melawan PT Freeport Indonesia (PT FI) dalam arbitrase, maka pemerintah melalui badan usaha milik negara (BUMN), yakni PT Inalum (Persero), akan mengambil alih tambang yang dikelola Freeport.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X